List Komentar dari NUR AINI XII IPA 5/26

:: Tolong hentikan mengotori air ::
Kategori : K 02 Lingkungan Hidup
31-12-2011 17:30:18
setuju nih bu, kalau air kotor jadi bagaimana hidup bisa bersih dan sehat --" seperti hal kecil, saat mandi terus airnya kotor, bisa bisa alergi deh. Semoga seluruh bangsa indonesia, tersadar akan arti pentingnya air bagi hidup kita. Dan mulai untuk tidak mengotori air lagi.
 
:: Tip Belajar Kimia ::
Kategori : K 00 Motivasi
31-12-2011 17:16:25
wah, boleh deh aku coba tipnya bu etna. Semoga menjadikan belajarku lebih baik dan mendapatkan nilai yang baik. Makasih bu etna :)
 
:: Award Blog Guru Indonesia 2011 ::
Kategori : K 00 Hidupku
31-12-2011 17:08:13
alhamdulillah ya bu.. Memang ibu layak mendapatkan reward :)) terus menjadi yang terbaik ya bu, semangat hehe
 
:: Lanjutkan Perjuanganmu Guru ::
Kategori : K 00 Hidupku
31-12-2011 16:56:14
halo bu etna :) saya suka sama semangat ibu untuk mengajar, perjuangan ibu untuk mendidik anak bangsa agar menjadi lebih pintar sangat baik. perjuangan ibu memang tiada matinya.. Terima kasih bu, sungguh mulia pekerjaan ibu untuk mendidik anak bangsa. Semoga apa yang ibu ajarkan, bermanfaat bagi kita semua :)
 
:: Siklus Air ::
Kategori : K 08 Media Pembelajaran
16-09-2011 21:00:39
jadi semua makhlup hidup tak lepas dari air yaa.. begitu sangat berpengaruh sekali air dalam kehidupan kita.
 
:: Proses Perkembangan Janin ::
Kategori : K 04 Pendidikan Anak
15-09-2011 17:38:03
hmm.. saya jadi terharu melihat video ini bu :') jadi begini ya bu, perkembangan janin didalam perut seorang wanita. apakah semua apa yang dilakukan seorang wanita juga berpengaruh pada perkembangan janin bu? seperti makanan, dll?
 
:: Kristal garam yang cantik ::
Kategori : K 06 Praktik di Rumah
15-09-2011 17:12:47
ternyata bagus ya bu.. oiya, itu kristalnya memang selalu berkembang dan berguguran terus ta bu?
 
:: Jajanan Pembawa Petaka ::
Kategori : K 01 Kesehatan
15-09-2011 16:55:52
waah kalo begini harus sungguh berhati-hati ya bu -.- . Memang bu, jarang sekali ada penjual makanan yang bersih. bersih dalam arti bersih tidak menjual makanan yang terdapat kandungan boraks, formalin, dll yang dapat meracuni kesehatan tubuh kita.
 
:: Bagaimana cara mengisi baterai mati? ::
Kategori : K 06 Praktik di Rumah
13-09-2011 20:21:29
berarti baterai bisa dipakai jangka panjang dong bu.. jika baterai abis, bisa diisi lagi seperti yg ada divideo. bu, saya mau tanya. contoh: semisal baterai Hp habis, dan diisi dengan menyambungkan Hp ke laptop lewat kabel data usb, maka dengan itu baterai yg ada didalam Hp jadi terisi kembali, apakah itu karena adanya arus listrik yang mengalir dari laptop ke Hp bukan bu?
 
:: Eksperimen yang mengubah dunia ::
Kategori : K 00 Kimia IYC 2011
07-09-2011 22:03:11
alhamdulillah ya *nada syahrini , eksperimen marie curie sangat berpengaruh dalam kehidupan kita, dia menemukan radioaktif radium dan diterapkan dalam penggunaan nuklir. semoga aja bangsa didunia menyadari, arti pentingnya radioaktif radium dan tidak menyalahgunakan lagi :))
 
:: Dapatkah Limbah Pisang Dimanfaatkan Sebagai Makanan Sehat? ::
Kategori : K 00 Kimia IYC 2011
07-09-2011 21:49:32
waa, betul juga ya bu. jadi kita harus kreatif dalam memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar kita untuk dijadikan sesuatu yang dapat digunakan, sehingga secara tidak langsung, perlahan-lahan kita jadi peduli atas apa yg ada di lingkungan kita dan karena itulah, pendidikan karakter bangsa akan berkembang dan negara kita akan menjadi maju.
 
:: Tahun Internasional Kimia, IYC 2011 ::
Kategori : K 00 Kimia IYC 2011
07-09-2011 21:41:41
marie curie adalah seorang ilmuwan kimia yang merupakan panutan untuk seluruh bangsa di dunia dalam memperlajari kimia dan peranannya sangat mempengaruhi kehidupan di dunia.
 
:: Mengapa setiap reaksi kimia memenuhi Hukum Kekekalan Massa? ::
Kategori : KX 06 Hukum Dasar Kimia
28-08-2011 02:25:44
Teori flogiston menunjukkan kuatnya anggapan terhadap fenomena umum yang berlangsung di alam atau karena perbuatan manusia. Kesalahan teori ini adalah mengapa teori ini mudah diterima begitu saja tanpa ada keinginan untuk menjelaskan fakta-fakta hasil pengamatan dengan lebih baik. Dan akhirnya Lavoisier menunjukkan kebenaran hukum kekekalan massa pada proses pembakaran yang ternyata terjadi pengikatan oksigen oleh zat yang dibakar. Bila suatu reaksi dilakukan dalam tempat tertutup, maka tidak ada hasil reaksi yang hilang. Jumlah massa semua zat yang terdapat setelah reaksi sama dengan sebelum reaksi dimulai. Pengamatan ini merupakan dasar dari hukum kekekalan massa yang menyatakan bahwa massa tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan dalam suatu reaksi kimia.
 
:: Bagaimana tatanama suatu senyawa? ::
Kategori : KX 04 Rumus dan Nama Zat
28-08-2011 02:16:51
Aturan tatanama senyawa ion berbeda dengan senyawa molekul. Tatanama senyawa ion yang terdiri atas kation dan anion, dimana kation adalan ion logam, dan anoin adalah non logam atau anion poliatom. Sedangkan tatanama senyawa molekul (kovalen) adalah senyawa yang hanya terdiri dari dua jenis unsur non logam dimana rangkaian nama kedua jenis unsur tersebut diberi akhiran –ida (ditambahkan pada unsur yang kedua). Jika pasangan unsur yang bersenyawa membentuk lebih dari sejenis senyawa, maka senyawa-senyawa yang terbentuk dibedakan dengan menyebutkan angka indeks dalam bahasa Yunani.
 
:: Tahukah Anda tentang massa atom relatif (Ar)? ::
Kategori : K 07 Materi Kimia X
28-08-2011 02:09:26
standar penentuan massa atom relatif berubah dari hidrogen, oksigen, kemudian karbon karena terkadang semua reaksi kimia juga melibatkan atom karbon dan massa atom relatif unsurnya diperoleh melalui perbandingan dengan isotop karbon-12.
 
:: Bagaimana menuliskan suatu persamaan reaksi yang setara? ::
Kategori : KX 05 Persamaan Reaksi
28-08-2011 02:04:18
Suatu persamaan reaksi adalah menggambarkan suatu reaksi kimia dimana terdiri atas rumus kimia zat pereaksi, zat hasil reaksi disertai koefisien dan wujud zat pereaksi dan hasil reaksi. Koefisien dituliskan untuk menyetarakan atom-atom sebelum dan sesudah bereaksi dan dinyatakan dalam perbandingan paling sederhana dari partikel zat yang terlibat dalam reaksi. Wujud zat dituliskan agar mengetahui keadaan zat pereaksi dan hasil reaksi ada 4 macam, yaitu gas (g), cairan (l), padat (s), larutan (aq).
 
:: Energi Ionisasi Pertama ::
Kategori : KX 02 Tabel Periodik
30-07-2011 17:09:16
Intisari : unsur-unsur yang segolongan, energi ionisasinya makin ke atas semakin besar. unsur-unsur yang seperiode, gaya tarik menarik inti makin ke kanan makin kuat sehingga energi ionisasinya makin ke kanan makin besar.
 
:: Inikah Model Atom Thomson? ::
Kategori : KX 01 Struktur Atom
30-07-2011 17:05:23
Pada tahun 1897 J. J. Thompson menemukan elektron. Setelah itu, dia mengajukan teori atom baru yang dikenal dengan sebutan model atom Thompson. Model atomnya dianalogkan seperti roti kismis, dimana atom terdiri atas materi bermuatan positif dan didalamnya tersebar elektron. Karena muatan positif dan negatif bercampur, maka keseluruhan atom bersifat netral.
 
:: Perubahan derajat ionisasi asam cuka ::
Kategori : KXI 09 Kekuatan Asam Basa
30-07-2011 16:57:23
apabila asam cuka diencerkan, berarti ditambahkan air, maka kesetimbangan akan bergeser ke arah lawan, yaitu ke kanan. Akibatnya, jumlah molekul asam cuka berkurang dan jumlah ion-ion bertambah. Ini berarti bahwa makin banyak molekul-molekul asam cuka yang mengalami ionisasi. Jadi derajat ionisasi asam cuka bertambah besar. Jika kita tambahkan lagi air, maka asam cuka akan makin encer. Berarti pula, derajat ionisasinya makin besar pula.
 
:: Ion natrium dalam larutan ::
Kategori : KX 03 Ikatan Kimia
30-07-2011 16:54:38
Intisari : gaya tarik menarik yang menyebabkan terjadinya penyebaran merata dari ion-ion terlarut disebabkan oleh adanya muatan listrik dari masing-masing partikel dikatakan sebagai gaya tarik coulomb.
 
:: Bagaimana dengan Model Atom Rutherford? ::
Kategori : KX 01 Struktur Atom
30-07-2011 16:46:40
Intisari : Pada tahun 1911, Ernest Rutherford mengungkapkan teori atom modern yang dikenal sebagai model atom Rutherford. a.) Atom tersusun dari : inti atom yang bermuatan positif, elektron-eleltron yang bermuatan negatif dan mengelilingi inti b.) semua proton terkumpul dalam inti atom c.) sebagian besar volume atom merupakan ruang kosong d.) jumlah proton dalam inti sama dengan jumlah elektron yang mengelilingi inti, sedangkan atom bersifat netral. jadi, model atom rutherford hanya menjelaskan sebagian kecil dari model atom yang ada.
 
:: Mengapa Model Atom Dalton sederhana sekali? ::
Kategori : KX 01 Struktur Atom
30-07-2011 16:45:25
Intisari : Teori atom Dalton dikemukakan berdasarkan dua hukum, yaitu hukum kekekalan massa dan hukum perbandingan tetap. Teori atom Dalton dikembangkan selama periode 1803-1808 dan didasarkan atas tiga asumsi pokok, yaitu: * Setiap unsur kimia tersusun oleh partikel-partikel kecil yang tidak dapat dihancurkan dan dipisahkan yang disebut atom. * Semua atom dari suatu unsur mempunyai massa dan sifat yang sama, tetapi atom-atom dari suatu unsur berbeda dengan atom-atom dari unsur lain, baik massa maupun sifat-sifatnya yang berlainan. * Dalam senyawa kimiawi, atom-atom dari unsur yang berlainan melakukan ikatan dengan perbandingan angka sederhana.
 
:: Mengapa terjadi Perkembangan Model Atom? ::
Kategori : KX 01 Struktur Atom
30-07-2011 16:44:26
Intisari : teori-teori model atom belum mencapai kesempurnaan, sehingga perlu modernisasi pada teori-teori tersebut agar model atom berkembang lagi. Model atom yang hingga saat ini kita gunakan adalah model atom modern atau model atom mekanika kuantum.
 
:: Mengapa molekul air bersifat polar? ::
Kategori : KX 03 Ikatan Kimia
30-07-2011 16:43:18
Intisari : Hidrogen dan oksigen dalam air masih tetap sebagai atom dan tidak terjadi perpindahan elektron. Elektron yang berpasangan merupakan milik bersama. Muatan listrik yang terbentuk hanya bersifat sebagian (parsial) yang kemudian dinamakan kutub. Molekul air memiliki kutub positip dan negatif sehingga molekul air bersifat polar.
 
:: Penalaran Sifat Koligatif Larutan I ::
Kategori : KXII 02 Sifat Koligatif
30-07-2011 16:42:33
Intisari : Sifat koligatif larutan adalah sifat larutan yang hanya dipengaruhi oleh jumlah partikel zat terlarut di dalam larutan, dan tidak dipengaruhi oleh sifat dari zat terlarut. Sifat koligatif larutan meliputi penurunan tekanan uap jenuh, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmostik. Pada pembahasan sifat koligatif larutan ini hanya dibatasi pada larutan nonvolatil. larutan nonvolatil adalah larutan yang zat terlarutnya lebih sukar menguap daripada zat pelarutnya.Jadi, sifat koligatif larutan berbanding lurus dengan jumlah zat terlarut. Jumlah zat terlarut ini dinyatakan dengan konsentrasi.
 
:: Hubungan Rumus Titik Elektron Lewis dengan Ikatan Kimia ::
Kategori : K 06 Tugas Siswa
30-07-2011 16:41:13
Intisari : struktur lewis sangat penting dalam memahami pembentukan ikatan kimia. Struktur Lewis umumnya digunakan untuk menggambarkan ikatan kovalen yang terjadi akibat pemakaian pasangan elektron secara bersama-sama oleh dua atom. Ikatan kovalen terbentuk diantara dua atom yang bersama-sama ingin menangkap elektron. Cara atom-atom saling mengikat dalam suatu molekul dinyatakan oleh rumus struktur yang diperoleh dari rumus Lewis dengan mengganti setiap pasangan elektron ikatan dengan sepotong garis.
 
:: Sistem Periodik Unsur memiliki sejuta arti ::
Kategori : KX 02 Tabel Periodik
30-07-2011 16:39:32
Intisari: golongan : menempatkan unsur-unsur yang mempunyai kemiripan sifat dalam satu lajur vertikal periode : lajur unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya non logam gas mulia : He, Ne, Ar, Kr, Xe, Rn merupakan golongan ke-8 non logam halogen : F, Cl. Br, I, At merupakan golongan ke-7 logam alkali : Li, Na, K, Rb, Cs, Fr merupakan golongan ke-1 logam alkali tanah : Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra merupakan golongan ke-2 logam transisi : terletak diantara golongan ke-2 dan ke-3 jari-jari atom : jarak dari inti atom sampai kulit terluar. Dalam satu golongan, jari-jari atom bertambah besar dari atas ke bawah. Dalam satu periode, jari-jari atom makin kecil dari kiri ke kanan. energi ionisasi : energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron terluar suatu atom. unsur-unsur yang segolongan, energi ionisasinya makin ke bawah semakin kecil. sedangkan unsur-unsur seperiode, gaya tarik-menarik inti makin ke kanan makin kuat, sehingga energi ionisasi pada umumnya makin kekanan makin besar. keelektronegatifan : kecenderungan suatu atom untuk menangkap atau menarik elektron dari atom lain. unsur-unsur yang segolongan, keeletronegatifan makin ke bawah makin kecil. sedangkan unsur-unsur yang seperiode, keelektronegatifan makin ke kanan makin besar.
 
:: Apa perbedaan antara campuran dengan senyawa? ::
Kategori : K 07 Kimia SMP
30-07-2011 16:38:04
Jawaban Latihan: 1. Bahan tergolong campuran : teh manis, minuman susu, larutan kanji 2. Teh manis, penyusun : air, gula, teh (merupakan campuran homogen) Minuman susu, penyusun : susu bubuk, air, dan gula (merupakan campuran heterogen) Sirup obat batuk, penyusun : campuran pasir dengan air, sirup obat batuk (merupakan suspensi campuran heterogen) 3. Perbedaan Senyawa : a.) Terbentuk melalui reaksi kimia b.) Dapat dipisahkan melalui reaksi kimia c.) Sifat senyawa berbeda dengan sifat zat penyusunnya d.) Zat penyusun membentuk senyawa dengan perbandingan yang tetap Campuran : a.) Terbentuk melalui perubahan fisika b.) Mudah dipisahkan secara fisika, misalnya melalui filtrasi, penguapan, dan destilasi c.) Sifat campuran sama dengan sifat zat penyusunnya d.) Zat penyusun tidak mempunyai perbandingan yang tetap 4. Campuran gula dengan air merupakan campuran homogen karena air dan gula yang bercampur tidak berubah menjadi zat lain. Rasa manis larutan gula tersebar merata pada semua bagian larutan. Dan zat-zat penyusun (air dan gula) tidak mempunyai perbandingan yang tetap. 5. Contoh Larutan padat : perunggu, baja Larutan cair : sirup jeruk, bensin Larutan gas : udara 6. Faktor yang mempengaruhi proses pelarutan :Perbedaan kelarutan zat pada pelarut, Menggabungkan dengan metode pemisahan campuran lainnya (misalnya: penyaringan atau penguapan). 7. Pada campuran pertama menggunakan corong dan kertas saring. Kedua, menggunkaan corong pemisah. 8. Pada filtrasi Penyaringan dilakukan dengan menuang campuran ke atas kertas saring dari sebuah corong gelas. Kertas saring akan menahan padatan yang lebih besar daripada ukuran lubang saring. Padatan yang tertinggal pada kertas saring disebut residu. Sementara, zat dengan ukuran partikel lebih kecil dari lubang saring akan lolos melalui kertas saring, zat yang melewati kertas saring disebut filtrat. 9. % massa asam cuka = 0,4 g _______ x 100 % = 4,00 % 10,0 g a.) Fungsi kertas saring : untuk menahan padatan yang lebih besar daripada ukuran lubang saring b.) Tidak, karena campuran ini merupakan campuran filtrasi yang memisahkan campuran yang zat penyusunnya cairan dan padatan. 10. a.) Kadar karbon monoksida diudara sekitar 40 bagian per juta dalam volum yang merupakan jumlahnya sangant kecil dalam campurannya.
 
:: Manfaat dan Resiko Penggunaan Bahan Kimia ::
Kategori : K 07 Kimia SMP
30-07-2011 16:36:37
Intisari: Kimia benar-benar sangat bermanfaat dan peranannya sangat penting dalam kehidupan, namun terkadang bahan kimia juga memiliki efek utama dan efek samping yang dapat menimbulkan suatu hal yang beresiko. Oleh karena itu, harus teliti dulu ketika akan menggunakan bahan kimia dan harus dicermati apakah bahan kimia itu memang sangat bermanfaat tanpa menimbulkan efek samping, atau suatu bahan lain akan memberikan resiko yang berarti jika salah pengolahannya atau dikonsumsi dalam keadaan mentah.