Komentar Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit dalam kehidupan sehari-hari

Intisari:
Komponen tunggal terbesar dari tubuh adalah air.Air tubuh total (TBW total body water) yaitu presentase dari berat air dibanding dengan berat badan total. TBW ini bervariasi menurut jenis kelamin,berat badan,umur dan kandungan lemak tubuh. Air membentuk sekitar 60% dari berat badan pria dewasa.Semakin tinggi kandungan lemak tubuh semakit sedikit kandungan air tubuh,karena lemak bebas air .Pada wanita dewasa kandungn lemak tinggi,air yang membetuknya sekitar 50% dari berat badan.Pada bayi baru lahir, air membentuknya sekitar 75% dari berat badannya.

Seluruh cairan tubuh didistribusikan di antara dua kompartemen utama yaitu: cairan ekstraseluler dan cairan intraseluler.Kemudaian cairan ekstraseluler di bagi lagi menjadi cairan intersisial dan cairan plasma (intravaskular).Ada juga kompartemen cairan yang kecil yang disebut cairan transeluler,meliputi cairan sinoval,peritonium,perikardial,intraokuler dan cairan serebrospinal.Biasanya dipertimbangkan sebagai cairan ektraseluler. Cairan intraseluler mengandung 40% dari beret badat total pria dewas.20% cairan menempati kompartemen ekstraseluler,15% nya menempati intersisial dan 5% cairan plasma.Cairan transeluler sekitar 1% dari beran badan total
Zat terlarut yang ada dalam cairan tubuh terdiri dari elektrolit dan nonelektrolit.
Nonelektrolit adalah zat terlarut yang tidak terurai dalam larutan dan tidak bermuatan listrik. Nonelektrolit terdiri dari protein,glukose,karbondioksida. Elektrolit (ion) adalah zat terlarut yang dalam larutan dan bermuatan listrik.Elektrolit tubuh mencakup natrium ( Na + ), kalium ( K + ), kalsium (Ca + ), magnesium ( Mg ++ ), klorida ( Cl - ), bikarbonat ( HCO3 - ), fosfat ( HPO4 - ) dan sulfat ( SO4 - ). Ion-ion yang bermuatan positif disebut kation dan yang bermuatan negatif disebut anion.
Konsentrasi elektrolit dalam cairan tubuh bervariasi pada satu bagian dengan bagian lainnya,dan dalam keadaan sehat mereka harus berada pada bagian yang tepat dan dalam jumlah yang tepat. Kation utama pada cairan ekstarseluler adalah Natrium dan anion utama adalah klorida dan bikarbonat,konsentrasi ini rendah pada cairan intraseluler. Pada cairan intraseluler kalium adalah kation utama dan fosfat adalah anion utama,dan sebaliknya konsentrasi elektrolit ini rendah pada cairan ekstraseluler.Natrium sebagai partikel terbanyak pada cairan ektraseluler memegang peranan penting dalam mengendalikan volume cairan tubuh total.Sedangkan kalium penting dalam pengendalian volume sel.Perbedaan mutan listrik di luar dan di dalam mebran penting untuk menghasilkan kerja otot dan saraf,perbedaan konsentrasi kalium dan natrium di dalam dan di luar membran sel penting untuk mempertahankan perbedaan muatan listrik.

Hemoestasis atau keseimbangan dinamis adalah proses pertukaran atau pergantian cairan yang terus menerus namun komposisi volume cairan relatif stabil. Istilah hemoestasis dipergunakan untuk menjelaskan pengaturan kondisi-kondisi statis atau konstan dalam lingkungan dalam. Karena pada dasarnya semua organ dan jaringan tubuh berfungsi untuk membantu mempertahankan kondisi-kondisi yang tetap ini.


Kesimpulan:
Keberadaan natrium dalam tubuh sangat penting. Jika tidak ada natrium, tubuh akan kekurangan cairan. Kekurangan cairan tersebut dapat teratasi jika kita minum dengan banyak. Akan lebih sehat, jika yang kita minum air mineral dengan kapasitas banyak daripada minuman lain.

sumber: http://www.blackphoenix-id.com/index.php?option=com_content&view=article&id=113:cairan-dan-elektrolit-tubuh&catid=61:kesehatan&Itemid=80



:: Reply ::

Good work, thx dear.


Next time make a short summary