Komentar Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit dalam kehidupan sehari-hari

Safrida Dyah Hanifah :: 23-07-2011 21:31:32
intisari:
Air Ludah sebagai Larutan Penyangga

Air liur mengandung larutan penyangga fosfat yang dapat menetralisir asam yang terbentuk dari fermentasi sisa-sisa makanan.

Menjaga keseimbangan pH tanaman.

Suatu metode penanaman dengan media selain tanah, biasanya ikerjakan dalam kamar kaca dengan menggunakan mendium air yang berisi zat hara, disebut dengan hidroponik . Setiap tanaman memiliki pH tertentu agar dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan larutan penyangga agar pH dapat dijaga.

Larutan Penyangga pada Obat-Obatan

Asam asetilsalisilat merupakan komponen utama dari tablet aspirin, merupakan obat penghilang rasa nyeri. Adanya asam pada aspirin dapat menyebabkan perubahan pH pada perut. Perubahan pH ini mengakibakan pembentukan hormon, untuk merangsang penggumpalan darah, terhambat; sehingga pendarahan tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itu, pada aspirin ditambahkan MgO yang dapat mentransfer kelebihan asam.

Kesimpulan: tanpa kita sadari, larutan penyangga memiliki peranan penting dalam tubuh kita yang jika terjadi kekurangan / tidak ada larutan penyangga tersebut maka akan terjadi gangguan pada proses metabolisme tubuh, atau bahkan dapat menimbulkan penyakit.

http://sahri.ohlog.com/fungsi-larutan-penyangga.oh81641.html
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100226051230AAgC8WC
:: Reply ::

Good work, thx dear.