Komentar Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit dalam kehidupan sehari-hari

Judul : Mengenal Kegunaan Larutan Asam Klorida (HCl)

Intisari :Larutan asam klorida atau yang biasa kita kenal dengan larutan HCl dalam air, adalah cairan kimia yang sangat korosif dan berbau menyengat. HCl termasuk bahan kimia berbahaya atau B3.

Di dalam tubuh HCl diproduksi dalam perut dan secara alami membantu menghancurkan bahan makanan yang masuk ke dalam usus.

Dalam skala industri, HCl biasanya diproduksi dengan konsentrasi 38%. Ketika dikirim ke industri pengguna, HCl dikirim dengan konsentrasi antara 32~34%. Pembatasan konsentrasi HCl ini karena tekanan uapnya yang sangat tinggi, sehingga menyebabkan kesulitan ketika penyimpanan.

Lalu apa sajakah kegunaan HCl di kehidupan kita sehari-hari? Nah, berikut ini adalah beberapa bidang yang memanfaatkan HCl, baik pada skala industri maupun skala rumah tangga.
1. Asam klorida dimanfaatkan pula untuk mengatur pH (keasaman) air limbah cair industri, sebelum dibuang ke badan air penerima.
2. HCl digunakan pula dalam proses regenerasi resin penukar kation (cation exchange resin).
3. Di laboratorium, asam klorida biasa digunakan untuk titrasi penentuan kadar basa dalam sebuah larutan.
kegunaan asam klorida atau HCl di atas hanyalah sebagian diantaranya. Masih banyak bidang lain yang mempergunakannya.

Kesimpulan : Larutan asam klorida atau HCl merupakan bahan kimia berbahaya yang sangat korosif dan berbau menyengat, akan tetapi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.
Sumber : http://anekailmu.blogspot.com/2009/06/mengenal-kegunaan-larutan-asam-klorida.html


:: Reply ::

Thx sayang, maaf ibu baru reply, sebagian tuisan anak-anak yang sama dan mirip sekali, sehingga tidak sesuai dengan tugas dan saran ibu.


Perjuangakan masa depanmu dengan berbuat yang terbaik, rajin belajar, ya. Tentang HCl(aq), terima kasih, terus upaya kalimat sendiri. Kalimat di atas terlalu panjang, lain kali lebih padat.