Komentar Seputar Tawas

buk mw tanya, cara menguji kandungan pada tawas itu gimana ya buk tolong diberi jawabanya coz penting banget bu... terus jika tawas dicampur dg daun sirih dan kemangi kira2 fungsinya akan berubah g bu tanks :D
:: Reply ::

Tawas murni yang putih adalah KAl(SO4)2.12H2O. Untuk menguji kandungan kation Al3+nya dapat menggunakan sifat keamfoerannya. Larutkan sedikit tawas ke dalam air, hingga terbentuk larutan jernih tak berwarna. Berarti jumlah ion Al3+nya relatif kecil sehingga hasil hidrolisisnya tidak kelihatan. Ambil sedikit larutan itu dan uji dengan basa kuat misal NaOH(aq) setetes demi setetes. Jika menjadi keruh putih yang larut lagi pada tetesan NaOH(aq) berikutnya, berarti menunjukkan adanya ion Al3+. Kalau tawas yang dilarutkan ke dalam air kebanyakan, maka ion Al3+nya mengalami hidroisis dan hasilnya tampak sebagai koloid Al(OH)3 yang berwarna putih keruh. Jika terlanjur demikian, maka tetap teteskan NaOH(aq), larutan akan makin keruh dan endapan putih makin banyak. Ambil tempat lain dan ambil sedikit endapan putih tersebut berikut larutannya, teteskan NaOH(aq) hingga endapan itu larut kembali. Karena tawasnya kebanyakan, maka diperlukan NaOH(aq) yang banyak pula.


Tawas dalam air membentuk koloid yang mampu mengadsorpsi apa saja, termasuk bau badan. Daun sirih dan daun kemangi memiliki sifat yang sama, yaitu dapat menghilangkan bau badan. Apabila ketiganya dicampurkan, asalkan ketiga koloid yang terbentuk muatannya sama tak ada masalah. Namun apabila terdapat muatan yang berbeda akan terjadi koagulasi dan kulit ketiak misalnya akan kotor. Insya Allah bermanfaat.