Analgesik alami

Analgesik alami diantaranya terdapat pada kolang kaling. Kolang kaling, tak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat di negara kita. Buah ini berwarna putih transparan dan kenyal; sering digunakan sebagai campuran es buah. Ternyata buah ini bersifat analgesik, dapat menghilangkan rasa nyeri pada radang sendi. Mengapa? Karena mengandung sejenis karbohidrat, yaitu galaktomanan. Bidang farmasi telah membuktikan bahwa galaktomanan bersifat analgesik.

Istilah analgesik diberikan untuk sekelompok obat penahan rasa sakit. Diantaranya, obat anti radang atau penghilang rasa nyeri pada radang sendi. Obat anti radang ini tergolong non steroid (NSAID), seperti asam salisilat. Ternyata galaktomanan juga tergolong obat anti radang NSAID.

Steroid merupakan lipida (lipid) yang tak dapat dicerna, contoh hormon esterogen (hormon wanita)dalam tubuh. Galaktomanan termasuk non steroid, jadi dapat dicerna. NSAID seperti aspirin dan ibuprofen tidak hanya menghilangkan rasa sakit/nyeri, namun juga berfungsi sebagai obat demam dan panas. Analgesik yang tergolong narkotika, akan menekan sistem syaraf sehingga mengubah persepsi terhadap rasa sakit.

Lansia banyak yang mengalami radang sendi, khususnya sendi lutut. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh obesitas, pernah jatuh, asam urat, atau penyakit yang sedang diderita. Gejala radang sendiri memang dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Obat analgesik sering digunakan sebagai obat gabungan; maksudkan dicampur dengan obat lain. Jadi satu jenis obat tidak hanya untuk meredakan nyeri saja.

Kolang kaling juga memiliki khasiat ganda, tidak hanya analgesik. Untuk pengobatan atau tujuan hidup sehat, maka dianjurkan ketika memasak kolang kaling tidak diberi gula tebu (gula pasir) dan pewarna. Sebaiknya menggunakan gula batu atau aren. Untuk meningkatkan khasiat gandanya, dapat ditambahkan pandan, jahe, kayu manis, dan atau cengkeh. Semua terserah selera dan tujuannya. Semoga bermanfaat. Salam sehat.


Komentar :

No Komen : 2
power supply :: 09-12-2016 16:37:16
wah, kolang kaling juga bisa menjadi obat ternyata.
 
No Komen : 1
taruhan bola :: 07-06-2016 18:52:01
Sebaiknya menggunakan gula batu atau aren
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]