Kolang kaling dan radang sendi

Kolang kaling, si putih dari biji pohon aren, menurut beberapa referensi ternyata dapat mengatasi radang sendi. Seseorang yang mengalami peradangan pada sendi mengatakan bahwa rasa nyeri itu berangsur-angsur hilang ketika mengkonsumsi kolang kaling secara rutin.

Mungkin hilangnya rasa nyeri disebabkan oleh bahan yang terkandung dalam kolang kaling. Kolang kaling berwarna putih, berbentuk bulat pipih dan lonjong. Kolang kaling banyak mengandung gelatin dan kenyal. Buah ini mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, bahkan kalsiumnya lebih banyak dibanding susu. Karbohidratnya tidak mengandung glukosa. Jenis karbohidrat ini dinamakan galaktomanan, yang terdiri atas manosa dan galaktosa.

Dari resep yang terdapat di beberapa referensi, agar khasiat kolang kaling dapat optimal maka sebaiknya memasaknya tanpa gula (glukosa) maupun pewarna. Untuk memberi rasa manis, dapat digunakan gula batu yang 60 kali lebih baik dari gula atau gula aren yang 90 kali lebih baik dari gula. Bagaimanapun, saya belum memperoleh referensi yang menyatakan bahwa radang sendi dapat sembuh total. Mungkin untuk sementara atau penyembuhannya dalam waktu relatif lama.

Ada berbagai jenis radang sendi, bergantung pada penyebabnya. Apakah radang ini hanya disebabkan oleh obesitas, atau yang lain. Apakah bahan dalam kolang kaling hanya menghilangkan rasa nyeri, atau mampu menyembuhkan radang itu. menurut referensi, galaktomanan merupakan analgesik. Berarti kolang kaling hanya meredakan nyeri. Untuk mengoptimalkan hasilnya, sebaiknya bagi penderita radang sendiri dianjurkan tidak melakukan aktivitas yang membuat gesekan tulang pada persendian makin parah. Hal ini dapat berakibat menipisnya tulang sendiri, walau rasa nyeri itu tak terasa.

Himbauan untuk penderita radang sendi, khususnya yang menyangkut berat badan (obesitas), kurangi olah raga berat, hindari naik turun tangga, senam yang tidak menggesek tulang sendi, turunkan berat badan, dan sejenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam sehat.


Komentar :

No Komen : 1
taruhan bola :: 07-06-2016 18:52:46
Apakah radang ini hanya disebabkan oleh obesitas
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]