Saat berbuka puasa

Di hari pertama buka puasa, aku minum 3 teguk air, kemudian makan 3 buah kurma. Kusiapkan sepertiga gelas susu kedelai buatan suami, kutambahkan setup kolang kaling dan kutuangi air panas hingga tiga perempat gelas. Kemudian kubersihkan diriku dan mengambil air wudhlu. Ketika sholat Maghrib badanku terasa segar, tak ada rasa lapar ataupun haus. Dengan rileks dan fokus pada tujuan sholat, kulaksanakan sholat ini dengan lancar, Alhamdulillah.

Kuminum susu yang berisi kolang kaling dengan perlahan-lahan sambil mendengarkan acara Islami dari TV. Kubuka lagi manfaat kurma dan kolang kaling. Alhamdulillah, ternyata ingatanku masih kuat bahwa kurma memang amat baik dikonsumsi diawal berbuka puasa. Badanku terasa segar dan bugar, walau seharian berpuasa. Kolang kaling juga memiliki kemiripan dengan kurma, membuat badan menjadi segar. Ketika aku memasak kolang kaling, kuberi kayu manis yang juga membuat kita segar. Susu amat penting bagi kita, selain menjadi sumber protein, juga terdapat vitamin dan mineral. Apalagi kedelai  yang mengandung protein nabati dan kandungan mineralnya dapat mencegah keropos tulang.

Setelah 30 menit aku baru makan nasi. Seperti biasa aku hanya mengambil 2 sendok makan nasi. Hari ini lauknya adalah tahu tempe sebagai menu tetap, hanya olahannya saja yang berbeda. Sayur labu (waluh jipang) atau ada yang menyebutnya manisah yang dimasak dengan santan encer, namanya sambal goreng manisah, kuambil 2 sendok. Ada pecel yang kuambil secukupnya dan ikan tuna. Makanan seperti ini memang sangat disukai oleh seisi rumah.

Sebelum makan, terlebih dahulu aku minum lagi segelas air dan kusiapkan tiga perempat gelas air untuk minum diantara makan. Demikianlah cerita tentang buka puasaku yang pertama di bulan suci Ramadhan ini. Semoga bermanfaat, Aamiin ya rabbal alamin.


Komentar :

No Komen : 1
taruhan bola :: 07-06-2016 18:53:20
Setelah 30 menit aku baru makan nasi. Seperti biasa aku hanya mengambil 2 sendok makan nasi
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]