Si putih kolang kaling

Kolang kaling, buah pohon aren yang putih transparan dan kenyal itu ternyata bagus dikonsumsi selama bulan puasa Ramadhan. Mengapa demikian? Apa khasiatnya bagi kesehatan kita, terutama ketika berpuasa Ramadhan?

Apabila kolang kaling itu kita pegang, akan kenyal dan ada cairan yang lengket. Hal ini disebabkan oleh adanya gelatin yang relatif banyak. Gelatin ini mengenyangkan dan tidak mengurangi keperluan vitamin dan mineral. Buah itu mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk magnesium dan kalsium. Bahkan kalsiumnya lebih banyak dibanding susu.

Selain vitamin dan mineral, kolang kaling juga mengandung protein dan karbohidrat. Jenis karbohidrat pada buah ini tergolong galaktomanan, yang tersusun atas manosa dan galaktosa. Jadi buah ini tidak mengandung glukosa atau sukrosa (gula) yang sangat mudah dicerna. Galaktomanan lebih sukar dicerna, sehingga memerlukan waktu lebih lama. Galaktomanan lebih sehat daripada gula; oleh sebab itu untuk kesehatan dianjurkan ketika memasak buah ini, sebaiknya jangan diberi gula tebu (gula pasir). Untuk rasa manisnya dapat digunakan gula aren (90 kali lebih baik dari gula) atau gula batu (60 kali lebih baik dari gula).

Dalam mengkonsumsi kolang kaling, sebaiknya jangan diberi pewarna. Pewarna akan mengurangi khasiat kolang kaling. Di beberapa toko ada yang menjual kolang kaling matang, namun umumnya diwarnai. Kebetulan aku pernah membeli dan berwarna merah. Memang enak sekali, namun khasiatnya sudah menurun.

Khasiat kolang kaling antara lain dapat mengatasi radang sendi, menguatkan tulang, melancarkan proses pencernaan, dan dapat dipergunakan untuk mengatur diet. Kolang kaling yang dimasak tanpa pewarna dan memakai gula aren atau gula batu secukupnya, secara bertahap akan membebaskan kita dari diabet, stroke dan sejenisnya.

Sungguh si putih ini buah yang hebat; harganya juga relatif murah sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Buah ini juga dapat dimasak apa saja atau untuk campuran apa saja. Jenis masakan bergantung kreativitas dan selera. Selamat mencoba; semoga bermanfaat. Salam sehat.


Komentar :

No Komen : 1
taruhan bola :: 07-06-2016 18:53:51
Khasiat kolang kaling antara lain dapat mengatasi radang sendi
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]