Pembahasan Soal Karbohidrat (2)

Pembahasan soal uraian karbohidrat bagian kedua ini terdiri atas 5 soal, yaitu soal nomor (6) sampai dengan nomor (10).

6. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara aldosa dan ketosa.

Pembahasan:

Persamaan: Aldosa dan ketosa yang memiliki jumlah atom C sama, rumus molekulnya juga sama, contoh senyawa heksosa, C6H12O6. Keduanya tergolong monosakarida.

Perbedaan: Aldosa adalah monosakarida yang memiliki gugus fungsi aldehid, -CHO sedang ketosa merupakan monosakarida yang mengandung gugus fungsi keton, yaitu gugus karbonil, -CO-.

7. Gambarkan rumus struktur rantai terbuka dari glukosa, galaktosa, dan fruktosa.

Pembahasan:

Disini rumus struktur rantai terbuka ibu tulis secara sederhana dan ringkas, ibu berharap kalian juga menuliskan rumus struktur tanpa diringkas, lengkap dengan garis ikatannya, dan rantainya dituliskan dari atas ke bawah, sehingga menghadapnya gugus -OH dapat terlihat, ke kiri atau ke kanan.

Glukosa: CHO-(CHOH)4CH2OH. Jika rumus struktur ini rantainya digambar dari atas ke bawah, maka keempat gugus -OH menghadap ke kanan, kiri, kanan, kanan. Biasanya disingkat ka ki ka ka.

Galaktosa: CHO-(CHOH)4CH2OH. Gugug -OH ke arah ka ki ki ka. Kedua rumus struktur glukosa dan galaktosa perbedaannya hanya menghadapnya gugus -OH yang terdapat pada atom C nomor (4).

Fruktosa: CH2OH-CO-(CHOH)3-CH2OH. Arah gugus -OH: ki ka ka.

8. Apakah arti dari istilah hemi asetal? Jelaskan.

Pembahasan:

Hemi asetal adalah adalah rantai lingkar sakarida yang terbentuk dari gabungan gugus aldehid, -CHO dengan gugus hidroksil, -OH menjadi rantai lingkar yang mengandung -C-O-C-. Misalnya glukosa, rantai hemi asetalnya membentuk segi 6 yang terdiri atas 5 atom C dan satu atom O.

9. Gambar rumus struktur lingkar dari tiga monosakarida.

Gambar dapat dilihat pada buku BSE atau buku kimialain tentang karbohidrat.

10. Apa nama lain dari maltosa, laktosa, dan sukrosa?

Pembahasan:

Maltosa adalah gula pati, karena merupakan pecahan/pemutusan rantai polimer pati atau amilum. Pati berarti tepung atau serbuk. Amilum dapat dibuat tepung.

Laktosa disebut juga sebagai gula susu, karena terdapat dalam susu.

Sukrosa atau sakarosa sehari-hari disebut gula pasir atau gula tebu, karena diambil dari tanaman tebu dan berwujut kristal kecil-kecil seperti pasir.


Komentar :

No Komen : 1
:: 27-07-2017 11:06:04
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]