Jenis Reaksi Netralisasi

Ada berapa jenis reaksi netralisasi? Apakah setiap jenis reaksi ini memiliki persamaan dan perbedaan? Apakah persamaannya? Apa pula perbedaannya? Pentingkah memahami persamaan dan perbedaan reaksi ini? Sejauh mana pentingnya? Apakah mempelajari hal ini cukup dihafalkan saja? Perlukah siswa menalar reaksi ini? Ikutilah pembahasan berikut.

Reaksi netralisasi pada prinsipnya merupakan penggabungan ion-ion H+ dari larutan asam dengan ion-ion OH- dari larutan basa. Dalam kenyataannya, reaksi ini dapat berasal dari asam kuat/lemah dengan basa kuat/lemah, bahkan reaksi ini juga dapat berlangsung dari oksida logam atau oksidan non logam. Kedua senyawa terakhir ini masih berupa oksida, belum berupa asam atau basa.

Bagaimanapun, dalam mempelajari reaksi-reaksi di atas diperlukan penalaran. Siswa yang hanya menghafal kemungkinan dia akan kesulitan apabila pemecahan masalahnya memerlukan suatu alasan atau harus menjelaskan kejadian sebenarnya. Berikut ada 5 (lima) jenis reaksi netralisasi.

1. Asam kuat + Basa kuat → air + larutan garam

Contoh: HCl(aq) + NaOH(aq) → H2O(l) + NaCl(aq)

2. Asam lemah + Basa kuat → air + larutan garam

Contoh: CH3COOH(aq) + NaOH(aq) → H2O(l) + CH3COONa(aq)

3. Asam kuat + Basa lemah → air + larutan garam

Contoh: HCl(aq) + NH4OH(aq) → H2O(l) + NH4Cl(aq)

4. Asam kuat + oksida logam → air + larutan garam

Contoh: 2 HCl(aq) + Na2O(s) → H2O(l) + 2 NaCl(aq)

5. Oksida non logam + Basa kuat → air + larutan garam

Contoh: CO2(g) + 2 NaOH(aq) → H2O(l) + Na2CO3(aq)

Persamaan reaksi di atas adalah persamaan reaksi molekuler. Istilah molekuler ini diberikan untuk menyatakan bahwa zat-zat yang terlibat dalam reaksi dituliskan sebagai rumus kimia, baik rumus molekul untuk senyawa kovalen maupun rumus empiris untuk senyawa ion.

Mengapa reaksi di atas harus dinalar? Apakah tidak mudah dihafalkan saja? Perhatikan kelima persamaan reaksi di atas. Pada 3 (tiga) persamaan yang pertama, mungkin masih mudah sebatas penulisan persamaannya menggunakan persamaan molekuler. Namun 2 (dua) persamaan yang terakhir, tidak tampak bahwa molekul air berasal dari penggabungan ion-ion H+ dengan OH-. Hal ini merupakan permasalahan awal. Sebenarnya masih banyak permasalahan yang akan timbul jika jenis reaksi ini hanya dihafalkan. Untuk penjelasan selanjutnya, ikuti penjelasan ricinya pada artikel-artikel yang menyangkut jenis reaksi ini.


Komentar :

No Komen : 1
:: 14-01-2014 14:20:32
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]