Lanjutkan Perjuanganmu Guru

Tanggal 15 Desember adalah hari terakhirku sebagai pegawai negeri. "Lanjutkan Perjuanganmu Guru" kata-kata ini setiap hari terngiang ditelingaku. Suara-suara itu datang dari siswa dan guru dimanapun berada, pengunjung Blogku, dan keluargakupun menganjurkanku untuk terus melayani anak bangsa. Sebenarnyalah aku sudah berjanji kepada Allah SWT bahwa sampai akhir hayatku, akan sedang dan akan terus melayani anak bangsa dengan cara apapun, dimanapun dan kapanpun. Pendidikan tak mengenal batas waktu, tempat maupun umur.

Hari ini Kamis, tanggal 01 Desember 2011 aku telah menerima gaji terakhirku sebagai pegawai negeri. Namun aku tak akan melakukan pemborosan di segala aspek dalam kehidupanku. Aku adalah seorang pendidik. Sejak umur 12 tahun aku telah menjadi Bu Guru Cilik, mengapa baru berumur 60 tahun saja aku ingin berhenti dari pekerjaanku yang sangat mulia ini. Jika seseorang mendapatkan kesempatan atau peluang berbuat baik setiap hari sepertiku ini, tak mungkin orang itu akan memilih perbuatan yang kurang bermakna bagi orang lain, bahkan bagi dirinya sendiri. Oleh sebab itu, tanpa menunda waktu sedetikpun, aku bersedia mengambil peluang itu. Apapun yang dapat kulakukan seperti biasanya, akan kulakukan seperti biasanya.

Aku teringat kata-kata mendiang Guruku Ibu Mardyah:" ... Mungkin yang terbaik untukmu adalah terus menjadi guru. Guru itu kaya nak, kau dapat amalkan kekayaan ilmu titipan Allah terus menerus setiap hari. Jangan pernah berhenti selama masih hidup. Ilmu itu tak pernah mati; walau suatu saat kita dipanggil oleh Allah SWT, ilmu itu tetap hidup dan terus berkembang." Ya benar, aku tetap akan bersama UNAIR dan Guru mencerdaskan bangsa, sehingga ke depan nanti Indonesia benar-benar menjadi lebih baik. 

Sejak Web Blog sejuta Guru ini kugunakan sebagai rumah keduaku, benar-benar tiada hari tanpa blog ini. Setiap hari paling tidak kutulis sebuah artikel untuk melayani bangsa yang begitu gigihnya mencari ilmu. Tegakah aku berhenti melayani mereka, meninggalkan mereka, duduk berdiam diri dalam masa pensiunku ini? Oh tak pernah terbayang olehku dan tak pernah lewat serta singgah dihatiku, bahwa aku akan melakukan hal itu dan melepaskan peluang besar untuk berbuat yang terbaik bagi agama, bangsa, dan negaraku ini.

Saudara-saudaraku, teman seperjuangan, anak-anakku, dan semua penggemar blog ini, Insya Allah aku sekarang dan seterusnya tetap bersama Anda, mendampingi dan melayani Anda, untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik.


Komentar :

No Komen : 9
NUR AINI XII IPA 5/26 :: 31-12-2011 16:56:14
halo bu etna :) saya suka sama semangat ibu untuk mengajar, perjuangan ibu untuk mendidik anak bangsa agar menjadi lebih pintar sangat baik. perjuangan ibu memang tiada matinya..

Terima kasih bu, sungguh mulia pekerjaan ibu untuk mendidik anak bangsa. Semoga apa yang ibu ajarkan, bermanfaat bagi kita semua :)
:: Reply ::
Ya sayang, ibu sangat berharap kau raih cita-citamu setinggi langit, ibu akan tetap mendampingimu.
No Komen : 8
irine dwi oktaviana, XII IA3 :: 24-12-2011 15:37:02
Dengan cita dan tekad yang mulia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, perjuangan ibu telah menginspirasi bagi anak bangsa untuk lebih semangat mencapai cita-cita. Rasanya perlu terkadang kita berkaca, bahwa usaha hingga lelah yang kita rasakan belum apa-apa dibanding guru-guru kita yang bahkan mengabdikan seluruh hidupnya untuk mengajar.
Terima kasih bu etna. semoga Indonesia lekas menjadi bangsa yang cerdas. Pula bangsa yang mampu menghargai pengorbanan guru-gurunya. :)
:: Reply ::
Ya sayang, thx komentarnya. Ayo terus perjuangkan dg gigih cita-citamu, ibu tetap mendampingimu.
No Komen : 7
desy novita XII-ia3(10) :: 21-12-2011 00:11:54
yaa allah, sungguh mulia hati ibu ingin mengabdikan ilmu ibu dan tak memandang berbagai rintangan termasuk usia ibu. makasih banyak yaa buu, buat semua pengorbanan yang ibu berikan terhadap kami ( anak didik ibu ) semoga jasa-jasa yang telah ibu berikan bisa bermanfaat untuk kehidupan saya kedepannya. terima kasih ibu Etna atas motivasinya.
:: Reply ::

Sayang, ini adalah tugas hidup ibu. Alangkah bahagianya ibu mendapatkan tugas mulia ini, amatlah sayang jika diabaikan. Alhamdulillah, sejak duduk di bangku SMP ibu sudah menjadi guru kecil, sekarang guru beneran, Insya Allah sampai akhir hayat. Ayo giatlah belajar, sayang, ibu tetap mendampingimu.

No Komen : 6
Audiyatra Aji R./05 (XII-IA3) :: 19-12-2011 14:14:33
Saya bingung bu mau bilang apa,yang jelas saya salut dengan ibu.
Saya mohon ibu tetap berusaha mencerdaskan anak bangsa ini bu.
Indonesia butuh ratusan orang seperti ibu.
Saya sungguh termotivasi oleh artikel-artikel ibu.
thanks mam.
:: Reply ::

Ya sayang, Insya Allah sampai akhir hayat ibu tetap melayani anak bangsa dan melalui blog ini dapat mengajak UNAIR dan Guru untuk bersama membuat Indonesia makin baik. Much better than before. Allof these are for you, dear. Plz do the best.

No Komen : 5
Tri Sutrisno Nusantara XII-IA3 :: 19-12-2011 13:08:41
Mungkin bagi sekolah, perjuangan ibu sebagai guru hanya berhenti sampai disitu. Namun bagi kami, perjuangan ibu sebagai pengajar yang terus memberikan ilmu dan pengalamannya tidak akan berhenti sampai akhir hayat. Kami akan berusaha terus menunggu ilmu yang ibu bagikan melalui blog ini karena sepercik ilmu dari ibu adalah mutiara yang tak ternilai bagi kami. Bimbing kami terus ibu hingga kami menjadi insan yang mulia di mata masyarakat dan di mata Allah swt. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas apa yang telah ibu berikan kepada kami.
:: Reply ::

Amin, thx sayang. Waho. Airmataku menetes lagi. Kata-katamu masuk sampai ke hati sanubari ibu yang paling dalam. Benarkah apa yang telah ibu lakukan dalam melayani kalian yang sebagian sudah ibu tuangkan dalam blog ini bernilai setinggi itu? Sayang, ibu akan lakukan seperti yang kau inginkan. Dihadapan Allah SWT ibu berjanji. Ibulah yang sangat berteima kasih kepadamu, anak-anak yang dapat memanfaatkan fasilitas yang canggih dan mudah ini. Blog ini sungguh tempat sharing yang amat hebat, dengan online kita dapat bersama berbuat yang terbaik. Insya Allah Indonesia akan menjadi makin baik.

No Komen : 4
Adelya S.P. XII IPA 5 (01) :: 19-12-2011 10:18:40
Kata-kata ibu sangat memotivasi saya. Dan saya harap juga para pembaca yang lain. Saya sangat berharap para pengajar lainnya juga memiliki pemikiran yang sama seperti apa yang telah Ibu sampaikan dalam artikel ini. Saya juga sangat berharap bagi teman-teman dan generasi penerus bangsa agar semangat untuk membangun negri ini. Jika para pengajar yang umurnya sudah tidak muda lagi masih memiliki semangat yang tinggi, semestinya para generasi muda memiliki semangat yang lebih dan lebih lagi kan, Bu.
Terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini Bu. Terima kasih atas motivasi yang Ibu berikan. Saya sangat bangga pernah menjadi murid dari seorang guru wanita yang selalu memikirkan kecerdasan bangsa ini, walaupun singkat, hanya beberapa bulan saja, saya sangat senang :D
:: Reply ::

Amin, thx sayang. Sudah tugas ibu sebagai guru mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Ibu harus bertanggung jawab atas hasil pelayanan yang ibu berikan. Oleh sebab itu, ibu minta maaf, kadang terlalu disiplin atau lainnya, ulangan dilarang nyontek. Ibu tak ingin mengkhawatirkanmu, namun ibu harus ketat mengawasimu. Keep learning, dear.

No Komen : 3
Selvia Fujila N :: 19-12-2011 10:05:56
Bu etna ini semangat sekali yaa, saya jadi termotivasi bu setelah membaca artikel ibu ini..
Saya juga salut sama ibu yang masih terus gigih dalam melakukan yang terbaik buat semuanya terutama untuk anak didiknya..:)
:: Reply ::

Amin, thx sayang. Semua ini berkat kalian sayang. Ibu senang mendidik kalian, kalian menurut sekali, kadang ibu merasa bersalah, apakah aku terlalu memaksa anak untuk belajar?? Apakah belajar perlu dipaksa? Apa yang terjadi jika kubiarkan tak belajar? Demi masa depanmu, ibu harus disiplin dalam mendidik. Iya kan?

No Komen : 2
Dian Tri Utami XI IPA 5 :: 19-12-2011 03:25:31
kata- kata ibu membuat saya merinding,,
belum ada orang yang memiliki sengangat sebesar ibu,, termasuk diri saya sendiri yang terkadang sangat malas dengan semua hal yang harus saya kerjakan,,
tapi setelah membaca artikel ibu ini saya menjadi lebih termotivasi lagi untuk menjadi lebih baik,,
terus berjuang ibu, dan saya juga akan terus berjuang sebagai anak bangsa :)
:: Reply ::

Ya sayang, thx. Ayolah semua ini untuk kalian generasi penerus kami. I'll be with you.

No Komen : 1
Fitri Rahmadani S. XII IA3 no.14 :: 02-12-2011 18:56:35
kalimat-kalimat ibu semanngat sekali :)
kadang saya malu bila membaca seperti ini, saya saja kadang kurang semangat bu. niat sudah ada tapi rasanya kadang malas sekali.
terima kasih selama ini terus memberi kami semangat ya bu, hanya Allah yang bisa membalas kebaikan ibu pada kami :')
:: Reply ::

Sayang, sudah tugas ibu sebagai guru melayani anak bangsa, bagaimana Indonesia bisa menjadi lebih baik jika rakyatnya tak mau menjadi lebih baik. Ayolah, ibu dampingi perjuanganmu, katanya kalian minta untuk tetap dibantu, sepenuh hati ibu siap sayang.

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]