Senyawa Ester

Ester merupakan suatu kelompok senyawa yang umumnya berbau harum. Oleh sebab itu ester banyak digunakan sebagai esense, yaitu zat aditif yang memberikan rasa segar buah-buahan. Esense sering ditambahkan pada sirup, puding atau makanan/minuman yang lain.

Ester adalah nama dari gugus fungsi -COO- yang terdapat pada golongan senyawa alkil alkanoat. Rumus umum ester adalah RCOOR atau CnH2nO2. Ester adalah turunan dari asam karboksilat atau asam alkanoat, RCOOH. Sebab itu kedua golongan senyawa ini memiliki rumus molekul yang sama, sehingga keduanya adalah pasangan isomer fungsi, yaitu isomer yang memiliki rumus molekul sama, CnH2nO2 namun rumus strukturnya berbeda karena adanya perbedaan gugus fungsi.

Ester dapat dibuat melalui reaksi esterifikasi, yaitu reaksi pembentukan ester dari asam alkanoat dan alkanol. Reaksi ini merupakan reaksi kesetimbangan, jadi memerlukan katalis untuk mempercepat tercapainya keadaan setimbang. Katalis yang digunakan adalam asam sulfat. Contoh, asam asetat (asam etanoat) dengan alkohol (etanol) membentuk etil etanoat atau etil asetat.

CH3COOH + CH3CH2OH ↔ CH3COOCH2CH3 + H2O

Tatanama

Nama senyawa golongan ester adalah alkil alkanoat. Alkil (R) berasal dari alkanol. Alkanoat berasal dari asam alkanoat. Contoh:

HCOOCH3, metil metanoat atau metil formiat (format).

CH3COOCH3, metil etanoat atau metil asetat.

CH3CH2COOCH2CH3, etil propanoat atau etil propionat.


Komentar :

No Komen : 8
Liana :: 22-01-2013 09:44:40
aq kurang mngerti alkanal itu bu
:: Reply ::

Sayang, penjelasan di atas mengenai ester, sedang yang kau tanyakan adalah alkanal. Benarkah kau kurang mengerti tentang alkanal? Alkanal adalah alkil aldehida sayang, RCHO. Gugus karbonil -CO- berada diujung, pada atom C nomor satu. Sehingga gugus fungsi -CHO selalu pada atom C nomor (1), tak dapat dipindahkan - atau tidak memiliki isomer posisi. Karena itu pula tidak ada penomoran posisi gugus fungsi seperti alkanol, misalnya 1-butanol. Untuk penjelasan yang lain, bukalah pembahasan alkanal,dan kau dapat bertanya lagi. Ibu selalu melayanimu, walau melalui blog seperti ini. Doaku menyertai perjuanganmu, ibu tunggu pertanyaanmu selanjutnya. Keep learning anddo the best, please.

No Komen : 7
Reza :: 07-03-2012 19:19:16
bu..,zat aditif itu kan bahaya dan beracun..?" tapi mengapa masih banyak yg menggunakan zat itu..,?" dan mengapa zat2 tersebut masih di pasar kan..,?
kan pemerintah sudah tahu kalok zat itu tidak boleh di konsumsi para konsumen.,?"
 
No Komen : 6
Ratna L Putri :: 17-01-2012 21:16:21
Berkunjung bu....

Sekalian melengkapi catatan yang kurang"....

Oh ya bu,, sepertinya catatan saya kurang bu...jadi saya ingin bertanya mengapa ya bu aldehid kok berbahaya???
:: Reply ::

Ya sayang, aldehid itu senyawanya banyak yang beracun. Prediksi ibu sih, sifat racunnya itu dapat dihubungkan pula dengan struktur gugus fungsi aldehid, -CHO itu. Gugus ini reaktif sekali, dapat teroksidasi dan dapat pula tereduksi. Hal yang lain ibu belum mempelajarinya. Kimia itu luas ya, ibu hampir tiap hari membaca, sungguh kimia itu menyenangkan.

No Komen : 5
dendy akbar hakim XII IA4/07 :: 15-01-2012 21:35:41
bu, apakah senyawa ester yg terdapat pada makanan maumpun minuman ini dapat menyebabkan kerusakan kalau disimpan terlalu lama?
:: Reply ::

Sebenarnya esternya sendiri kalau murni tidak akan rusak sayang, rusaknya itu kan karena ada reaksi dan reaksi itu karena ada gangguan. Reaksi pertama ester adalah hidrolisis, karena dipacu oleh asam atau basa sebagai zat pengotor. Setelah terurai menjadi asam alkanoat dan alkohol, seringkali alkoholnya teroksidasi menjadi aldehid kemudian asam. Aldehid berbahaya, asam tidak, namun kalau terjadi reaksi lanjut dari asam, keruakan menjadi kompleks. Kan asam mudah bereaksi.

No Komen : 4
Tri Sutrisno Nusantara XII-IA3 (27) :: 20-12-2011 13:49:26
Begini bu, saya bingung ketika pembuatan ester. Kalo tidak salah ada cara lain untuk pembuatan ester. Apakah benar ada cara lain untuk pembuatan ester?
 
No Komen : 3
Adelya S.P. XII IPA 5 (01) :: 19-12-2011 10:39:37
Apakah ada dampak negatif dari penggunaan ester yang terlalu berlebihan jika dicampurkan dalam pembuatan makanan, Bu?
:: Reply ::

Salah satu kegunaan ester adalah untuk esense, pengharum makanan, kue, atau sirup. Ada rasa nenas, durian atau yang lain. Esense adalah zat aditif, yaitu zat yang hampir tak mengandung nilai gizi, tidak diperlukan oleh tubuh. Tujuan orang menggunakan esense untukmeningkatkan selera kaman/minum. Ketika ester masuk ke tubuh, akan mengalami hidrolisis membentuk asam karboksilat dan alkohol. Alkohol inilah Sebenarnya penggunaan esense tidak banyak, berarti alkohol yang sangat sedikit dan tersebar, tak masalah. Dalam pencernaan juga segera teroksidasi.Apapun jika berlebihan ya dapat menimbulkan masalah, apalagi zat aditif kan tak diperlukan. Thx sayang.

No Komen : 2
Lilis Suryani Octavia :: 19-12-2011 10:36:52
hmmm,, apa senyawa ester ini juga terdapat dalam produk parfum ruangan, atau kapur barus bu??
:: Reply ::

Lain sayang, ester untuk pengharum makanan/minuman.

No Komen : 1
Lia A.M. XII IA5/17 :: 19-12-2011 09:38:22
Berarti senyawa ester ini dapat juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar parfum ya, bu?
:: Reply ::

Oh tidak sayang, ester khusus pengharum minuman/makanan. Parfum lain lagi.

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]