Pereaksi Tollens

Pereaksi tollens merupakan suatu oksidator / pengoksidasi lemah yang dapat digunakan untuk mengoksidasi gugus aldehid, -CHO menjadi asam karboksilat, -COOH. Senyawa-senyawa yang mengandung gugus aldehid dapat dikenali melalui uji tollens. Contoh senyawa-senyawa yang sering diuji dengan tollens adalah formalin, asetaldehid, dan glukosa.

Uji tollens ini dapat digunakan untuk membedakan senyawa-senyawa yang mengandung gugus karbonil, -CO-. Senyawa karbonil ini dapat berupa aldehid, -CHO jika gugus karbonilnya terletak di ujung (atom C nomor 1), dan dapat berupa keton, -CO- jika gugus karbonil berada di tengah rantai C, atau paling tidak pada atom C nomor 2. Karena sifat pengoksidasinya lemah, maka tollens tidak dapat mengoksidasi senyawa keton.

Pereaksi tollens ini dapat dibuat dari larutan perak nitrat, AgNO3. Mula-mula larutan ini direaksikan dengan basa kuat, NaOH(aq), kemudian endapan coklat Ag2O yang terbentuk dilarutkan dengan larutan amonia sehingga membentuk kompleks perak amoniakal, Ag(NH3)2+(aq).

2AgNO3(aq) + 2NaOH(aq) → Ag2O(s) + 2NaNO3(aq) + H2O(l)

Ag2O(s) + 4NH3(aq) + 2NaNO3(aq) + H2O(l) → 2Ag(NH3)2NO3(aq) + 2NaOH(aq)

Bermacam cara dapat ditempuh untuk membuat pereaksi tollens; yang penting larutan ini harus mengandung perak amoniakal. Larutan kompleks perak beramoniak inilah yang dapat mengoksidasi gugus aldehid menjadi asam yang disertai dengan timbulnya cermin perak. Oleh sebab itu, larutan perak amoniakal ini sering ditulis secara sederhana sebagai larutan Ag2O.

RCHO(aq) + Ag2O → RCOOH(aq) + 2Ag(s)

Persamaan reaksi redoks yang sebenarnya adalah :

Ag(NH3)2+(aq) + e → Ag(s) + 2NH3(aq)

RCHO(aq) + 3OH-(aq) → RCOOH(aq) + 2H2O(l) + 2e

Endapan perak yang terbentuk cantik sekali, menempel di seluruh dinding tabung reaksi sebagai cermin perak. Kita dapat bercermin lho. Silakan puter video di bawah.


Komentar :

No Komen : 1
Yuardi Bisatya Utomo (XII IPA 3 SMA TRIMURTI) :: 18-11-2012 10:45:56
Jadi bu Gunanya Pereaksi tollens ini untuk bidang apa bu?
:: Reply ::

Sama dengan Fehling sayang untuk menguji adanya gugus aldehid dan membedakannya dengan gugus keton. Namun Fehling sering digunakan untuk medis, menguji kandungan glukosa dalam air kencing, sedang Tollens digunakan di laboratorium dan industri. Keep learning, plz.

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]