Tatanama Senyawa Anorganik

Tatanama senyawa biner, logam dan non logam. Kedua unsur ini membentuk senyawa dengan ikatan ion; maka tatanamanya mengikuti aturan untuk senyawa ion. Contohnya, NaCl, BaO, dan CaF2. Karena senyawa ini terdiri dari kation dan anion, maka perhatikan nama-nama kation dan anionnya. Senyawa biner yang melibatkan kation logam golongan A, maka tatanamanya sederhana. Anda tinggal menggabungkan nama dari kation dan anion itu berturut-turut, kation dahulu dan diikuti anion. Jadi bagaimana namanya? Natrium khlorida, Barium oksida, dan kalsium fluorida.

Sekarang tatanama dari senyawa ion yang terdiri atas kation monoatomik dan anion yang poliatomik. Contohnya, BaSO4, Li3PO4, dan NaOH. Bagaimana namanya? Kationnya masih logam golongan A. Nama yang benar adalah Barium sulfat, Litium fosfat, dan Natrium hidroksida.

Bagaimana dengan senyawa yang kationnya poliatomik? Contohnya NH4Cl. Ion NH4+ merupakan kation yang terdiri atas atom-atom non logam. Sedangkan kation yang lain selalu berasal dari logam. Nah ion ini memang berbeda. Berhati-hatilah. Ion ini selalu muncul dalam soal-soal ujian. Namanya adalah ion amonium, sedangkan nama dari contoh senyawa itu adalah amonium khlorida. Mudah kan? Silakan putar videonya, Anda dapat mempelajarinya dari video.


Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]