Struktur Titik Elektron Lewis

Video berikut membahas tentang struktur titik elektron Lewis senyawa ion dan kovalen, termasuk senyawa poliatom. Sebelum memutar video, lebih dahulu Anda dapat membaca uraian di bawah ini.

Untuk menggambarkan struktur Lewis, lebih dahulu gambarlah elektron valensi di sekitar atom tersebut. Misal oksigen, elelktron valensinya 6, maka elektron itu digambarkan sebagai titik-titik, 2 - 2- 1- 1. Karena jika oksigen akan berikatan, untuk memenuhi kaidah oktet, memerlukan 2 elektron. Sehingga 2 elektron O digambar 1 - 1 karena akan mengadakan ikatan.

Bagamana menggambar CCl4? Kedua atom C dan Cl merupakan unsur non logam. Maka keduanya berikatan secara kovalen dan masing-masing harus memenuhi kestabilan oktet. Tuliskan atom C dahulu sebagai atom pusat kemudian keempat atom Cl gambarkan mengelilingi atom C. Elektron valensi C = 4, maka gambar titik-titik elektron sebanyak 4, semuanya terpisah, karena siap mengadakan ikatan dengan 4 atom Cl.

Misal untuk ikatan antara Li dan O, Li logam, sedang O non logam. Maka terjadi transfer elektron, dari atom Li ke atom O, sehingga atom Li berubah menjadi ion Li+ dan atom O menjadi ion O2-.

Contoh ion poliatom, SO42-. S dan O keduanya non logam, berarti ikatannya kovalen. Gambar atom S di tengah, kemudian 4 atom O mengelilingi atom S. S dan O masing-masing memiliki 6 elektron valensi. Menurut aturan, elektron-elektron S maupun O susunannya 2 - 2- 1- 1. Gambarkan semua titik-titik elektron itu, ingat bahwa masing-masing atom memerlukan 2 elektron dari atom yang berada didekatnya sehingga menjadi 8. Perhatikan ikatan antara S dan O. Elektron antara S dan O = 3.

Untuk mempelajari struktur titik elektron Lewis, silakan putar video berikut.


Komentar :

No Komen : 1
ika muliana :: 11-11-2012 16:49:46
sangat membantu
:: Reply ::

Thx sayang, Insya Allah ibu akan tetap terus mendampingimu dan seluruh bangsa dalam meningkatkan diri untuk memahami kimia dan konsep yang terkait. Keep commenting my blog dear, I'll help every time you want me to help you. Do the best.

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]