Reaksi Natrium dengan Alkohol

Pembahasan berikut mengenai reaksi natrium, Na dengan alkohol, ROH. Natrium adalah logam yang mudah teroksidasi membentuk ion Na+. Etanol sedikit bersifat asam dibanding air, memiliki Ka = 10-16. Air sendiri tergolong netral karena autoionisasinya menghasilkan asam dan basa dalam jumlah yang sama, sehingga sifatnya saling meniadakan.

H2O(l) ↔ H+(aq) + OH-(aq)

ROH(aq) ↔ H+(aq) + RO-(aq)

Walaupun etanol merupakan asam yang sangat lemah, namun kesetimbangannya dapat bergeser pada penambahan natrium. Natrium yang dicampurkan ke dalam alkohol akan berusaha menarik ion RO- membentuk RONa. Berarti natrium mengusir ion H+. Reaksi ini tergolong reaksi substitusi, karena substitusi Na menyebabkan ion H+ dari etanol lepas dan membentuk gas hidrogen.

Jika reaksi substitusi di atas dicermati, maka reaksi itu juga tergolong reaksi redoks. Natrium mengalami oksidasi sedang hidrogen pada gugus -OH mengalami reduksi.

Reaksi natrium dengan 95% etanol.

2 CH3CH2OH(aq) + 2 Na(s) → 2 CH3CH2ONa(aq) + H2(g)

Keasaman alkohol berturut-turut menurun dari alkohol primer, skunder, tersier. Oleh karena itu reaksi antara natrium dengan alkohol yang terbaik adalah dengan alkohol primer. Silakan putar video berikut.


Komentar :

No Komen : 1
:: 19-11-2013 16:07:29
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]