Saran Merangkum Hidrokarbon

Ketika penulis mengajar senyawa karbon di kelas XII, ternyata materi hidrokarbon dan minyak bumi yang telah dipelajari siswa ketika duduk di kelas X belum dapat digunakan sebagai acuan melanjutkan pembahasan. Untunglah pada tengah semester gasal penulis berupaya untuk memulai pembelajaran materi ini. Runyamlah kalau senyawa karbon baru diberikan di semester genap. Insya Allah berita ini dapat tersebar di kalangan guru kimia seluruh Indonesia. Marilah Bapak dan Ibu guru, segeralah memulai mengajarkan senyawa karbon kepada siswa. Adapun saran pembelajaran ini dapat dibaca di artikel "Saran Pembelajaran Senyawa Karbon."

Dari pengalaman ini, maka penulis berupaya mencari solusi dan memulai pembelajaran senyawa karbon dengan mengulang secara hati-hati konsep penting hidrokarbon dalam 1-2 jam pelajaran. Bagaimanapun situasi dan kondisi kelas bervariasi. Menurut pengalaman penulis, konsep hidrokarbon yang penting diulang pada awal pembelajaran adalah tatanama dan rumus kimia hidrokarbon. Melalui skema sederhana yang ditulis di papan selama guru menjelaskan dan bertanya-jawab dengan siswa, ternyata cara ini tergolong alternatif yang patut dilanjutkan.

Contoh pembelajaran untuk merangkum konsep penting hidrokarbon penulis tulis di artikel lain. Bagi mahasiswa yang pernah bertanya dan berkonsultasi langsung pada penulis maupun siapa saja yang menggunakan blog ini, dapat secara dinamis menggunakannya. Semoga seraca rutin penulis dapat menulis artikel-artikel sesuai permintaan pengguna dan dapat menulis pengalaman siswa, guru lain, atau pengalaman sendiri. Banyak kejadian penting yang belum penulis publish, Insya Allah secara bertahap dan berkesinambungan penulis akan melakukannya.

Skema sederhana merupakan salah satu senjata ampuh yang dapat mengkaitkan konsep-konsep, sehingga dengan mudah siswa dapat menalarnya. Ketika siswa belajar, mereka mengatakan bahwa dalam waktu yang terbatas, atau kondisi dan siatuasi sekitar kurang mendukung, maka belajar paling enak adalah menalar kembali konsep-konsep yang tertulis dalam bentuk skema. Semoga kita sebagai guru dapat memfasilitasi pembelajaran dengan metoda yang disukai siswa. Kawan, marilah kita tetap semangat dalam berkarya, semoga pendidikan di Indonesia makin meningkat. Education is our life. Salam perjuangan.


Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]