Apa yang terjadi pada proses pelarutan?

Pelarutan adalah proses melarutnya suatu zat ke dalam suatu pelarut. Sebagai contoh pelarutan garam dapur, NaCl dalam air. NaCl tergolong senyawa ion; pada suhu kamar berwujud padat. Padatan ini terdiri atas kation dan anion yang saling mengelilingi dan terjejal rapat, terikat oleh kisi kristal. Gambar model kristal di bawah sengaja direnggangkan, agar susunannya dapat terlihat jelas.

Molekul air bersifat polar, kedua atom H sebagai kutub positif dan atom O berkutub negatif. Pada saat garam dapur dimasukkan ke dalam air dan diaduk, pelarut dan zat terlarut bertumbukaSebagai akibatnya, kisi kristal NaCl rusak, ion-ion Na+ dan Cl- terlepas, kemudian tersebar diantara molekul-molekul air. Setiap ion-ion Na+ dan Cl- dikelilingi oleh molekul-molekul air. Dikatakan ion-ion itu mengalami hidrasi. Hidrasi adalah proses pengikatan molekul-molekul air oleh suatu partikel, yang dapat berupa molekul polar atau ion.

Pada hidrasi ion Na+, kutub negatif molekul-molekul air tarik menarik dengan ion Na+, sedang pada ion Cl-, kutub kutub positif airlah yang tarik menarik dengan ion Cl-. Jumlah molekul-molekul air yang mengelilingi masing-masing ion bergantung pada perbandingan jumlah ion garam dan jumlah molekul air. Makin encer larutan, makin banyak pelarut, maka molekul-molekul air mengelilingi ion-ion dengan penuh hingga seluruh permukaan ion tertutup. Sebaliknya, makin pekat larutan, jumlah air makin sedikit, tentu saja selimut air ini tidak dapat menutupi ion-ion dengan baik. Apa akibatnya?

Jika selimut air menutupi seluruh permukaan ion, maka interaksi antar ion-ion Na+ dengan ion-ion Cl- makin kecil, ion-ion makin bergerak bebas, daya hantar listrik larutan makin kuat. Jika selimut air tidak dapat menutupi seluruh permukaan ion, maka terjadilah interaksi antara ion-ion Na+ dan ion-ion Cl-, gerakan ion-ion dalam larutan makin terbatas, maksudnya sejumlah ion tidak dapat bergerak bebas. Melalui uji daya hantar listrik larutan, nyala lampu menjadi makin redup, bahkan dapat terjadi lampunya tidak menyala. Daya hantar listrik larutan makin lemah.

Peristiwa hidrasi ion di atas, tergolong "Solvasi" Istilah ini berasal dari kata "Solvent" atau pelarut. Jika pelarutnya air, dinamakan hidrasi. Mengenai interaksi ion-ion Na+ dan Cl- yang menyebabkan gerakan ion-ion menjadi terbatas, dinamakan Polarisasi. Karena adanya polarisasi ini, maka derajat disosiasi NaCl(aq), α < 1.    


Komentar :

No Komen : 4
sandra ferdiana :: 28-11-2013 14:13:05
ibu,saya ingin bertanya bagaimana proses kelarutan garam dapur dalam air ....?!?!
:: Reply ::
Sayang, uraian ibu di atas itu penjelasan ttg kejadian yg sebenarnya. Secara sederhana dpt kau baca jawaban komentar di bawah. Terima kasih responnya. Keep learning, plz.
No Komen : 3
neng firly :: 28-11-2013 14:08:13
maksud saya bagaimana proses kelareutan garam dapur dalam air ....!!!!
:: Reply ::
Sayang, pada artikel di atas ibu telah menjelaskan proses pelarutan garam dapur. Singkatnya, ketika NaCl padat kita masukkan ke dalam air dan kita aduk, dipol air akan memutuskan kisi kristal, sehingga ion-ion garam terlepas dan mengadakan interaksi atau tarik menarik dengan dipol air. Tentu saja interaksi itu antara positif dan negatif. Bacalah lagi penjelasan di atas sayang, keep learning. Thx.
No Komen : 2
Maulida :: 07-10-2013 10:02:52
Ibu, bgmn jika larutan NaCl tsb jika sudah mjd larutan lalu diuapkan sampai kering? apakah akan mjd air biasa atau mjd air dg komposisi ratio air n garam? dan apa hasil reaksinya scra kimia?
:: Reply ::

Sayang, ketika larutan garam diuapkan hingga kering, maka airnya yang akan menguap semua. Di dalam wadah akan tersisa garam NaCl tersebut, berupa serbuk putih dan kering. Jadi garam yang dimasukkan ke dalam air dan diaduk hingga larut semua itu tak dapat menguap bersama air. Lakukanlah di rumah, mudah sekali dan sederhana. Proses penguapan tidak ada reaksi kimianya sayang, hanya perubahan fisis. Air dari cair berubah menjadi uap air. Insya Allah penjelasan ini bermanfaat. Kimia itu mudah dan menyenangkan. Banyak artikel dari pengalaman ibu yang dapat kau pelajari di blog ini. Silakan belajar dan tlis setiap pertanyaan atau apapun di kolom komentar, Insya Allah ibu akan menjawabnya. 

No Komen : 1
Selvia-XII IPA 5 :: 22-08-2011 04:33:09
Ibu, apakah semua garam akan mengalami hal yg sama seperti NaCl?
Bagaimana dg NH4Cl dan (NH4)2SO4?
:: Reply ::

Ya sayang sama, semua larutan garam dalam air ditulis sebagai kation dan anionnya, seperti NH4+(aq), Cl-(aq), SO42-(aq). Tanda (aq) berarti ion-ion itu berada dalam pelarut air, dan masing-masig ion itu dikeilingi oleh molekul-molekul air. Dan seterusnya, sama sayang. Berlatih nalar terus ya, thx komentarmu.

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]