Mengapa Reaksi Reduksi dan Oksidasi disingkat REDOKS?

Reaksi "Redoks" singkatan dari reaksi reduksi dan oksidasi. Mengapa kedua reaksi itu disingkat menjadi satu? Sebenarnya reaksi tersebut terdiri atas dua buah reaksi atau hanya satu reaksi? Jika satu reaksi mengapa dinyatakan sebagai singkatan dari reaksi reduksi dan oksidasi? Untuk memahami konsep reaksi ini secara mudah, Anda dapat mempelajarinya langsung dari bahan ajar berupa Power Point yang telah tersedia. Bahan ajar ini dapat digunakan untuk siswa Reguler maupun RSBI/SBI. Anda dapat langsung Download disini

Sebenarnya memang terdapat dua macam reaksi, reduksi dan oksidasi. Awalnya, oksidasi merupakan reaksi suatu zat dengan oksigen, membentuk oksida. Sedang reduksi yang berasal dari kata "Reduce" adalah reaksi pelepasan oksigen. Pada saat terjadi perkembangan ilmu pengetahuan, konsep kedua reaksi di atas juga berkembang. Reaksi itu tidak hanya menyangkut oksigen.

Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis bahwa pada reaksi pengikatan oksigen, misalkan pembakaran pita magnesium, terjadi perpindahan elektron dari Mg ke O. Mg mengalami oksidasi karena mengikat oksigen, membentuk MgO. Mg melepaskan 2 elektron valensinya menjadi Mg2+ dan O menangkap elektron itu menghasilkan O2-. Ion-ion itu terjejal merapat membentuk kristal MgO.

Peristiwa di atas menunjukkan bahwa Mg mengalami oksidasi, karena melepaskan elektron dan bilangan oksidasinya (BO) naik dari 0 --> +2. Siapa yang mengoksidasi Mg? Jelas bahwa oksigen yang mengoksidasi Mg, dikatakan oksigen bertindak sebagai pengoksidasi atau oksidator. Apa yeng terjadi dengan oksigen sendiri? Bagaimana dengan BO-nya? Oksigen menarik elektron dari Mg, membentuk O2-, dikatakan mengalami reduksi, dan BO-nya turun dari 0 --> -2. Inilah konsep baru dari reaksi oksidasi dan reduksi.

Dari uraian di atas sebenarnya pertanyaan "Mengapa kedua reaksi itu disingkat Redoks?" sudah terjawab. Tidak mungkin Mg melepaskan elektronnya kalau tidak ada yang menariknya. Berarti reaksi oksidasi tidak mungkin terjadi tanpa ada reaksi reduksi. Jadi kedua reaksi itu terjadi bersamaan; maka selanjutnya reaksi oksidasi dan reduksi masing-masing sebagai setengah reaksi. Berarti reaksi redoks adalah satu jenis reaksi terdiri atas dua buah setengah reaksi.  


Komentar :

No Komen : 13
:: 03-09-2013 12:51:27
 
No Komen : 12
aprilia :: 04-11-2012 06:51:38
bagaimana menjelaskan reaksi yang ditanyakan pada komentar paling atas kepada anak kelas X.saya mahasiswa kimia semester 3,dan adik saya baru kelas X tetapi ada PR seeperti itu
:: Reply ::

Oh adik Anda kelas X mendapat PR penyetaraan reaksi redoks:


KMnO4 + H2SO4 + H2C2O4 → K2SO4 + MnSO4 + H2O + CO2 ? Kalau seorang guru telah memberikan PR kepada siswa tentang penyetaraan reaksi redoks ini, yang sesungguhnya di kelas XII, maka guru tersebut tentu telah menjelaskannya dengan lebih berhati-hati dibanding kelas XII. Tentulah diberikan catatan yang lebih rinci. Kemungkinan cara yang diberikan hanya cara bilangan oksidasi, karena siswa kelas X telah mempelajarinya. Bimbingannya bertahap saja, pelan-pelan, sulfat yang tetap berarti BO tetap. K, H, dan O juga tetap BO-nya. Berarti yang berubah BO-nya hanya Mn dan C. Nah hubungkan saja masing-masing, tentukan BO-nya, lihat perubahan BO-nya, dan setarakan Mn dan C tersebut. Setelah itu setarakan yang lain. Anda harus mengerjakan lebih dahulu agar dapat sabar dalam menjelaskannya. Semoga membantu. Senang dapat membantu.

No Komen : 11
Yenni :: 24-09-2011 17:56:36
bagaimana menyetarakan reaksi redoks dari campuran larutan KMnO4 + larutan H2SO4 + larutan H2C2o4??
tq b4..
mohon di jawab..
:: Reply ::

Okay, this is my answer, dear.


MnO4-(aq) + 8H+(aq) + 5e → Mn2+(aq) + 4H2O(l) ............... x (2)


H2C2O4(aq)                       → 2H+(aq) + 2CO2(aq) + 2e ....... x (5)


2MnO4-(aq)+ 6H+(aq)+ 5H2C2O4(aq) → 2Mn2+(aq)+8H2O(l)+ 10CO2(g)


Diatas adalah persamaan reaksi ion. Persamaan reaksi molekulernya tinggal memasukkan ion-ion yang tidak ikut bereaksi.


2KMnO4(aq)+3H2SO4(aq)+5H2C2O4(aq) → 2MnSO4(aq)+K2SO4(aq)+ 8H2O(l)+ 10CO2(g)


I hope chemistry will be easy for you, day by day.

No Komen : 10
muhammad iqbal :: 18-09-2011 22:34:22
klw msalah teori zih aq ga psing2 amat cuman yg susahx itu menghitung biloks krn hrs tau golongan2 suatu unsur termasuk jnis apa suatu unsur tsb
:: Reply ::

Ya sayang, teori itu banyak yang abstrak, kalau nalarmu bagus, teori tak masalah bagimu, Alhamdulillah. Selama teori itu hafalan, nantinya akan bermasalah, hati-hati ya.


Untuk BO, kalau sifatnya banyak hafalan juga bermasalah, itu penyebab utamamu. Sejak kelas X bahkan SLTP, ada beberapa unsur logam dan non ogam penting yang dipakai terus, sehingga hafalnya otomatis. Kalau tidak rajin menggunakannya, ya masalah.


Belajar harus bertahap, tak bisa langsung. Hafalan yang dipahami itu banyak membantu. Kalau sekedar hafal, tak tahu ari dan alasannya, itu jadi masalah.


Sabar, rajin, lakukan bertahap, itulah salah satu kuncinya. Contoh:


Logam,


IA Li Na K


IIA Mg Ca Sr Ba


IIIA Al


Non logam


IVA C Si


VA N P


VIIA F Cl Br I


BIngan Oksidasi (BO)


KMnO4 K +1, O -2x4, jadi Mn+7 dstnya.


K2Cr2O7 K +1x2, O -2x7, jadi 2Cr +12 (Cr +6)


Ibu prihatin sayang, membaca komentarmu. Ibu akan berupaya untuk mencari jalan keluar, CARA MENGURANGI HAFALAN MURNI, MEMBUAT HAFALAN BERMAKNA. Jadi KIMIA jangan sampai sulit karena masalah kecil.


Thx, plz do the best.

No Komen : 9
Famela Rusydina (30) XII IPA 3 :: 21-08-2011 18:53:24
intisari: oksidasi dan reduksi tepatnya merujuk pada perubahan bilangan oksidasi karena transfer elektron yang sebenarnya tidak akan selalu terjadi. Sehingga oksidasi lebih baik diartikan sebagai peningkatan bilangan oksidasi, dan reduksi sebagai penurunan bilangan oksidasi.
:: Reply ::

Ya sayang, untuk senyawa kovalen memang lebih tepat kenaikan dan penurunan BO, namun untuk senyawa ion, terjadi transfer elektron. Thx, upayamu berlatih nalar makin bagus.

No Komen : 8
Lita Yuditia AP XII IPA 5 (20) :: 02-08-2011 21:26:55
Sependapat dengan komentar sebelumnya bahwa reaksi oksidasi dan reduksi terjadi secara bersamaan. Dimana oksidasi adalah peristiwa bertambahnya biloks karena melepas elektron dan reduksi adalah berkurangnya biloks karena menangkap elektron.
:: Reply ::

Yes, of course. I can imagine that you understand the concept.

No Komen : 7
Affan Hidayat XII-IA5 no (02) :: 02-08-2011 11:01:22
Intisari

Berarti reaksi oksidasi tidak mungkin terjadi tanpa ada reaksi reduksi. Jadi kedua reaksi itu terjadi bersamaan; maka selanjutnya reaksi oksidasi dan reduksi masing-masing sebagai setengah reaksi. Berarti reaksi redoks adalah satu jenis reaksi terdiri atas dua buah setengah reaksi.
:: Reply ::

Ya sayang, benar. Kalau kau memberi contoh reaksinya, argumentasimu lebih kuat. Okay, thx. Continue learning, plz.

No Komen : 6
affan hidayat xii-ia5/02 :: 02-08-2011 10:46:51
Intisari

Berarti reaksi oksidasi tidak mungkin terjadi tanpa ada reaksi reduksi. Jadi kedua reaksi itu terjadi bersamaan; maka selanjutnya reaksi oksidasi dan reduksi masing-masing sebagai setengah reaksi. Berarti reaksi redoks adalah satu jenis reaksi terdiri atas dua buah setengah reaksi.
:: Reply ::

Thx ya, terus semangat belajar ya, semoga kimia segera makin mudah, sukses.

No Komen : 5
desy novita hariyanto XII-IA3 (10) :: 02-08-2011 04:37:17
Redoks yaitu Reduksi dan Oksidasi. Reduksi menjelaskan penambahan elektron oleh molekul, aom atau ion. Oksidasi menjelaskan pelepasan elektron oleh sebuah molekul, atom, atau ion, sehingga reaksi redoks disetarakan terlebih dahulu. Penyetaraan reaksi redoks berarti menyamakan jumlah atom dan muatan masing-masing unsur pada pereaksi dengan jumlah atom dan muatan masing-masing unsur pada hasil reaksi. Artinya sebelum muatan dan jumlah atom di kedua ruas (pereaksi dan hasil reaksi) sama, maka reaksi masih belum setara.
:: Reply ::

Sayang, tulisanmu yang semestinya 2 paragrap, kau gabung menjadi satu. Jadi kesannya campur. Berlatih lagi ya, pada awalnya memang perlu waktu, namun suatu saat nanti, segera kamu merasakan hasilnya. You have to explain clearly, dear not too general. Thx for your comment.

No Komen : 4
Danang Sudrajat Wicaksono/XII-IA3/08 :: 01-08-2011 23:11:32
Sependapat dengan alasan mengapa reaksi reduksi dan oksidasi disingkat menjadi REDOKS, karena dalam reaksi terdapat setengah reaksi reduksi dan setengah reaksi oksidasi. Sehingga dalam reaksi tersebut dapan ditemukan mana zat yang berperan sebagai reduktor dana mana zat yang berperan sebagai oksidator. Jadi telah kita ketahui bahwa kedua reaksi tersebut(reduksi dan oksidasi)saling berhubungan satu sama lain dan suatu reaksi tidak dapat dikatakan reaksi redoks jika tidak ditemukan reaksi reduksi atau oksidasi di dalamnya. Terima kasih.
:: Reply ::

Thx sayang, awal yang bagus. Terus berlatih menyusun kalimat penalaran ya, ibu mendampingimu.

No Komen : 3
Fajar Adi Nugroho XII IPA 3 - 12 :: 01-08-2011 22:16:44
word reduction and oxidation are shorten to "redox" because there's always been a reduction and oxidation reaction in a chemical reaction. there ain't no other way a reaction happened if there's just an oxidation reaction,and so the opposite
:: Reply ::

Yes dear, absolutely right. Thx very much for your comment. However, thre is an old concept that till now is still used, i.e. oxidation is seperated from reduction. Redox is a new concept. Continue learning plz.

No Komen : 2
Bayu Aditya Amang XII-IPA5/09 :: 01-08-2011 13:21:37
Istilah Redoks berasal dari dua konsep, yaitu Reduksi dan Oksidasi. Oksidasi menjelaskan pelepasan elektron oleh sebuah molekul, atom, atau ion. Sedangkan Reduksi menjelaskan penambahan elektron oleh sebuah molekul, atom, atau ion.
:: Reply ::

Kalimatmu terlalu umum, sayang. Berlatihlah lagi untuk membuat kalimat-kalimat yang bermakna, didukung oleh argumentasi kuat dan mengandung contoh. Ibu mendampingi perjuanganmu alam menuntut ilmu. Thx komentarnya.

No Komen : 1
Meda Mandira XII IPA 4 (20) :: 01-08-2011 11:56:59
intisari :

sebenarnya dalam redoks terjadi 2 reaksi yaitu reduksi dan oksidasi, kedua reaksi ini digabungkan menjadi satu karena tidak mungkin ada oksidasi apabila tidak ada reduksi, kedua reaksi ini saling berhubungan satu dengan yang lainnya
:: Reply ::

Sayang latihan menulis harus sabar. Minimal satu paragrap ya, mulai dari kalimat umum, kemudian jelaskan dengan alasan dan beri contoh. Ayo lakukan sekarang, ibu mendampingimu. Thx komentarmu.

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]