Sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari

Kalian sedang mempelajari Sifat Koligatif Larutan. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak peristiwa baik di alam maupun karena perbuatan manusia, merupakan aplikasi dari sifat koligatif larutan.

Tugas ini merupakan penerapan pelajaran Sifat Koligatif Larutan dalam kehidupan sehari-hari. Carilah artikel yang sesuai dengan konsep-konep yang sedang kalian pelajari ini. Dalam mencari artikel, kalian dapat berkelompok. Namun Intisari dan respon, kalian kerjakan secara mandiri. Tugas ini kalian kirim paling lambat Sabtu, 23 Juli 2011 jam 23.50. Secara rinci tugas tersebut adalah:

  1. Carilah artikel yang sesuai dan bermakna bagi kehidupan.
  2. Tuliskan intisarinya pada tempat komentar di bawah ini.
  3. Sertakan alamat webnya.
  4. Simpulkan dan berikan saran.

Selamat bekerja, sukses selalu.


Komentar :

No Komen : 81
http://simple.allalla.com/ :: 09-03-2014 14:29:10
bagus artikelnya
 
No Komen : 80
Software Point of Sales Online Omega POS Cloud :: 23-01-2014 02:23:24
terimakasih informasinya sangat membantu
 
No Komen : 79
M.habibi :: 31-10-2013 14:48:43
numpang nanya?
Mengapa sel darah merah harus disimpan dalam larutan tertentu ? #dalam pembelajaran sifat koligatif
 
No Komen : 78
Firda Puspita Devi XII IA 3 / 32 :: 26-07-2011 07:23:02
Tekanan osmosis dapat diaplikasikan dalam bidang kesehatan, yaitu tekanan osmosis dalam cairan infus. Tekanan osmosis cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah. Jika tekanan dalam sel darah merah lenin besar dari tekanan cairan infus (hipertonik), cairan hipertonik akan menarik cairan dan elektrolit dari jaringan dan sel kedalam pembuluh darah. Sebaliknya, jika tekanan dalam sel darah merah lebih kecil dari tekanan cairan infus (hipotonik), maka cairan hipotonik Akan ditarik dari dalam pembuluh darah keluar ke jaringan sekitarnya.

Kesimpulan :
Sifat koligatif tekanan osmotik sangat berguna dalam kehidupan terutama di bidding medis.
:: Reply ::

Ya sayang, benar. Banyak sekali peristiwa osmosis yang terjadi dalam kehidupan, semua makhluk hidup dan juga industri. Thx for your comment.

No Komen : 77
Muhammad Yasir abdul aziz XII-IA5 24 :: 24-07-2011 07:32:56
Proses Pembentukan Salju



Untuk menjawab itu, bisa kita mulai dari proses terjadinya salju. Berawal dari uap air yang berkumpul di atmosfer Bumi, kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasi (yaitu temperatur di mana gas berubah bentuk menjadi cair atau padat), kemudian menggumpal membentuk awan. Pada saat awal pembentukan awan, massanya jauh lebih kecil daripada massa udara sehingga awan tersebut mengapung di udara – persis seperti kayu balok yang mengapung di atas permukaan air. Namun, setelah kumpulan uap terus bertambah dan bergabung ke dalam awan tersebut, massanya juga bertambah, sehingga pada suatu ketika udara tidak sanggup lagi menahannya. Awan tersebut pecah dan partikel air pun jatuh ke Bumi.
Partikel air yang jatuh itu adalah air murni (belum terkotori oleh partikel lain). Air murni tidak langsung membeku pada temperatur 0 derajat Celcius, karena pada suhu tersebut terjadi perubahan fase dari cair ke padat. Untuk membuat air murni beku dibutuhkan temperatur lebih rendah daripada 0 derajat Celcius. Ini juga terjadi saat kita menjerang air, air menguap kalau temperaturnya di atas 100 derajat Celcius karena pada 100 derajat Celcius adalah perubahan fase dari cair ke uap. Untuk mempercepat perubahan fase sebuah zat, biasanya ditambahkan zat-zat khusus, misalnya garam dipakai untuk mempercepat fase pencairan es ke air.
Biasanya temperatur udara tepat di bawah awan adalah di bawah 0 derajat Celcius (temperatur udara tergantung pada ketinggiannya di atas permukaan air laut). Tapi, temperatur yang rendah saja belum cukup untuk menciptakan salju. Saat partikel-partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara, maka air murni tersebut terkotori oleh partikel-partikel lain. Ada partikel-partikel tertentu yang berfungsi mempercepat fase pembekuan, sehingga air murni dengan cepat menjadi kristal-kristal es.
Partikel-partikel pengotor yang terlibat dalam proses ini disebut nukleator, selain berfungsi sebagai pemercepat fase pembekuan, juga perekat antaruap air. Sehingga partikel air (yang tidak murni lagi) bergabung bersama dengan partikel air lainnya membentuk kristal lebih besar.
Jika temperatur udara tidak sampai melelehkan kristal es tersebut, kristal-kristal es jatuh ke tanah. Dan inilah salju! Jika tidak, kristal es tersebut meleleh dan sampai ke tanah dalam bentuk hujan air.
Pada banyak kasus di dunia ini, proses turunnya hujan selalu dimulai dengan salju beberapa saat dia jatuh dari awan, tapi kemudian mencair saat melintasi udara yang panas. Kadang kala, jika temperatur sangat rendah, kristal-kristal es itu bisa membentuk bola-bola es kecil dan terjadilah hujan es. Kota Bandung termasuk yang relatif sering mengalami hujan es. Jadi, ini sebabnya kenapa salju sangat susah turun secara alami di daerah tropik yang memiliki temperatur udara relatif tinggi dibanding wilayah yang sedang mengalami musim dingin.
Struktur unik salju
Kristal salju memiliki struktur unik, tidak ada kristal salju yang memiliki bentuk yang sama di dunia ini (lihat Gambar SnowflakesWilsonBentley.jpg) – ini seperti sidik jari kita. Bayangkan, salju sudah turun semenjak bumi tercipta hingga sekarang, dan tidak satu pun salju yang memiliki bentuk struktur kristal yang sama!
Keunikan salju yang lainnya adalah warnanya yang putih. Kalau turun salju lebat, hamparan bumi menjadi putih, bersih, dan seakan-akan bercahaya. Ini disebabkan struktur kristal salju memungkinkan salju untuk memantulkan semua warna ke semua arah dalam jumlah yang sama, maka muncullah warna putih. Fenomena yang sama juga bisa kita dapati saat melihat pasir putih, bongkahan garam, bongkahan gula, kabut, awan, dan cat putih.
Selain itu, turunnya salju memberikan kehangatan. Ini bisa dipahami dari konsep temperatur efektif. Temperatur efektif adalah temperatur yang dirasakan oleh kulit kita, dipengaruhi oleh tiga besaran fisis: temperatur terukur (oleh termometer), kecepatan pergerakan udara, dan kelembapan udara. Temperatur efektif biasanya dipakai untuk menentukan “zona nyaman”. Di pantai, temperatur terukur bisa tinggi, namun karena angin kencang kita masih merasa nyaman. Pada saat salju turun lebat, kelembapan udara naik dan ini memengaruhi temperatur efektif sehingga pada satu kondisi kita merasa hangat.
Jadi, Anda bisa mengirim ungkapan romantis kepada teman Anda, “cintaku sehangat salju”. Kalau dia tidak paham, kesempatan untuk Anda menjelaskan fenomena ini. Fisika pun bisa menjadi senjata yang andal bagi mereka yang sedang pedekate.

intinya:
proses pembentukan salju tidak hanya membutuhkan temperatur yang rendah saja. Saat partikel-partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara, maka air murni tersebut terkotori oleh partikel-partikel lain. Ada partikel-partikel tertentu yang berfungsi mempercepat fase pembekuan, sehingga air murni dengan cepat menjadi kristal-kristal es.
:: Reply ::

Good work, thx dear. Next time make a short summary.

No Komen : 76
Danang Sudrajat Wicaksono/XII-IA3/08 :: 24-07-2011 00:01:32
Judul : Penerapan Sifat Koligatif Larutan(Kenaikan Titik Didih dan Penurunan Titik Beku) pada Radiator Coolant
Inti Sari
Pada kehidupan sehari-hari manusia sulit lepas dari penggunaan kendaraan bermotor. Rupanya mesin dari kendaraan tersebut juga tidak lepas pula dari fungsi radiator untuk mentranformasikan panas mesin ke lingkungan agar kerja mesin tidak terganggu atau rusak karena “over heat” atau kelebihan panas. Tapi biasanya radiator digunakan pada kendaraan yang memiliki kapasitas silinder yang cukup besar dengan memberikan pipa atau saluran pada badan mesin sehingga cairan pendingin dapat melewati dengan baik menggunakan bantuan pompa radiator.
Cairan pendingin pada radiator ini mempunyai peran yang sangat penting dalam metransformasikan panas mesin ke lingkungan, agar mesin dapat tetap bekerja pada suhu yang optimal. Air sebenarnya dapat digunakan sebagai cairan pendingin, namun air dengan titik didih 100oC dan titik beku 0oC memerlukan perhatian dan pemeliharaan yang terlalu sering, yang lebih berbahaya bila kendaraan atau mesin digunakan didaerah yang beriklim cukup ekstrim baik dingin maupun panas.
Untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah cairan pendingin pada radiator yang biasa dikenal dengan nama “Radiator Coolant”. Radiator Coolant dibuat dengan mencampurkan cairan etilen glikol atau 1,2-etanadiol dengan aquadestilata dengan perbandingan tertentu tergantung pada kebutuhan dan situasi/iklim dimana kendaraan bermotor atau mesin tersebut digunakan. Karena etilen glikol seperti halnya air dapat membentuk ikatan hidrogen, maka etilen glikol dapat bercampur dengan air pada segala perbandingan. Campuran etilen glikol dalam air sangat berperan dalam meningkatkan titik didih. Karena jumlah etilen glikol yang ada dalam larutan akan sangat menurunkan tekanan uap larutan yang terjadi, hal ini selain disebabkan oleh adanya ikatan hidrogen antara molekul air dan molekul etilen glikol, secara kuatitatif molekul etilen glikol akan menghalangi proses penguapan pelarut air, sehingga titik didih larutan akan meningkat. Campuran ini juga dapat digunakan sebagai cairan anti beku pada kendaraan bermotor yang digunakan di daerah beriklim dingin atau panas.
Kesimpulan
Sifat Koligatif larutan terutama kenaikan titik didih dan penurunan titik beku dapat dimanfaatkan dalam pembuatan Radiator Coolant yang tahan lama dan dapat meningkatkan perfomace mesin kendaraan bermotor.
Sumber : http://funny-mytho.blogspot.com/2010/12/radiator-coolant.html



:: Reply ::

Good work, thx dear.


Next time make a short summary.

No Komen : 75
Afifah Halimatus Sa'diyah / XII IA 5 / 03 :: 23-07-2011 23:08:10
Judul: Membuat Campuran Pendingin

Intisari:
Cairan pendingin adalah larutan berair yang memiliki titik beku jauh di bawah 0 derajat Celcius. Cairan pendingin digunakan pada pabrik es, juga digunakan untuk membuat es putar. Cairan pendingin dibuat dengan melarutkan berbagai jenis garam ke dalam air.
Pada pembuatan es putar, cairan pendingan dibuat dengan mencampurkan garam dapur dengan kepingan es batu dalam sebuah bejana berlapis kayu. Pada pencampuran itu, es batu akan mencair sementara suhu turun. Selanjutnya, campuran bahan pembuat es putar dimasukan ke dalam cairan pendingin, sambil terus-menerus diaduk sehingga campuran membeku.

Kesimpulan:
Larutan garam mempunyai titik beku yang lebih rendah dari 0 °C, es batu tadi akan turun suhunya sampai titik beku air garam tercapai. Maka, es putar dikelilingi oleh larutan garam yang temperaturnya lebih rendah dari 0 °C sehingga dapat membeku.

Sumber:
http://indonesiakutercinta.wordpress.com/2010/08/13/penggunaan-sifat-koligatif-larutan/
http://restomesin.wordpress.com/2009/04/06/dibalik-lembutnya-es-krim/
:: Reply ::

Well done, thx dear.


"Larutan berair" apa maksudnya?

No Komen : 74
Dayana Kristin XII IPA 3 (09) :: 23-07-2011 23:07:08
Pengaplikasian Sifat Koligatif dalam Kehidupan Sehari - Hari
Intisari: Pengaplikasisan tekanan osmosis dalam bidang kesehatan, dapat ditemui pada penggunaan cairan infus. Tekanan osmosis cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmosis darah.
Jika tekanan dalam sel darah merah lebih besar dari tekanan cairan infus, maka infus akan menarik cairan dan elektrolit dari jaringan dan sel ke dalam pembuluh darah.
Jika tekanan dalam sel darah merah lebih kecil dari tekanan cairan infus, maka cairan ditarik dari dalam pembuluh darah keluar ke jaringan sekitarnya.

Kesimpulan: Pengaplikasian tekanan osmosis pada penggunaan cairan infus sangat bermanfaat di bidang kesehatan.

Sumber: http://onetricks.blogspot.com/2010/08/pengaplikasian-sifat-koligatif-dalam.html
:: Reply ::

Good work, thx dear.

No Komen : 73
Made Dyah Ayu S. XII IPA 4 :: 23-07-2011 22:59:15
Judul: Pengolahan Air Asin Atau Payau Dengan Sistem Osmosis Balik

intisari:
Manusia sering dihadapkan pada situasi yang sulit dimana sumber air tawar sangat terbatas dan di lain pihak terjadi peningkatan kebutuhan. Sedangkan kita mengetahui bahwa sebenarnya sumber air asin itu begitu melimpah. Untuk itu manusia telah mengembangkan sistem pengolahan air asin/payau dengan teknologi membran semipermeabel. Teknologi ini menerapkan sistem osmosis yang dibalik yaitu dengan memberikan tekanan yang lebih besar dari tekanan osmosis air asin/payau. Air asin/payau tersebut ditekan supaya melewati membran yang bersifat semi permeabel, molekul yang mempunyai diameter lebih besar dari air akan tersaring.

kesimpulan:
Dengan memberi tekanan pada permukaan air laut yang lebih besar daripada tekanan osmotiknya, air dipaksa untuk merembes dari air asin ke dalam air murni melalui selaput permeabel untuk air tapi tidak untuk ion ion garam dalam air laut.

http://www.kelair.bppt.go.id/Sitpa/Artikel/Ro/ro.html
:: Reply ::

Well done, thx dear


Keep learning.

No Komen : 72
Ledy Espiranza Putri / XII IPA 5 / 16 :: 23-07-2011 22:40:32
-Penurunan tekanan uap jenuh-
Jika air dalam botol yang isinya hanya sebagian dilarutkan gula atau garam, sampai keadaan uap jenuh (penguapan yang terus terjadi dibarengi penguapan), ukuran tekanannya akan menunjukkan angka yang lebih kecil dari tekanan uap jenuh air murni dalam botol. Hal ini menunjukkan bahwa partikel zat terlarut akan menurunkan tekanan uap jenuh. Penurunan tekanan uap jenuh terjadi dikarenakan partikel-partikel pelarut murni yang akan menguap, terhalang oleh partikel-partikel zat terlarut, sehingga hanya sedikit partikel pelarut yang dapat menguap, sehingga tekanan yang dihasilkan juga sedikit.

Kesimpulan: penurunan tekanan uap jenuh terjadi dikarenakan partikel-partikel pelarut murni yang akan menguap terhambat oleh partikel-pertikel zat terlarut sehingga ukuran tekanannya lebih kecil daripada pelarut murni

http://artikelane.blogspot.com/2011/04/sifat-koligatif-larutan-kimia.html
:: Reply ::

Good work, thx dear.

No Komen : 71
Ledy Espiranza Putri :: 23-07-2011 22:38:27
-Penurunan tekanan uap jenuh-
Jika air dalam botol yang isinya hanya sebagian dilarutkan gula atau garam, sampai keadaan uap jenuh (penguapan yang terus terjadi dibarengi penguapan), ukuran tekanannya akan menunjukkan angka yang lebih kecil dari tekanan uap jenuh air murni dalam botol. Hal ini menunjukkan bahwa partikel zat terlarut akan menurunkan tekanan uap jenuh. Penurunan tekanan uap jenuh terjadi dikarenakan partikel-partikel pelarut murni yang akan menguap, terhalang oleh partikel-partikel zat terlarut, sehingga hanya sedikit partikel pelarut yang dapat menguap, sehingga tekanan yang dihasilkan juga sedikit.

Kesimpulan: penurunan tekanan uap jenuh terjadi dikarenakan partikel-partikel pelarut murni yang akan menguap terhambat oleh partikel-pertikel zat terlarut sehingga ukuran tekanannya lebih kecil daripada pelarut murni

http://artikelane.blogspot.com/2011/04/sifat-koligatif-larutan-kimia.html

:: Reply ::

Good work, thx dear

No Komen : 70
Robby Tri L, XII IPA5 :: 23-07-2011 22:38:00
intisari:
Sifat koligatif dapat juga digunakan dalam pembuatan cairan infus. Cairan infus dan berbagai cairan fisiologilainya, seperti obat tetes mata, harus isotonik dengan cairan tubuh kita. Oleh karena itu , konsentrasinya perlu disesuaikan.
Kesimpulan:
sifat koligatif sangat bermanfaat bagi tubuh kita untuk menyembuhkan sakit yaitu dengan memasukkan cairan infus ke dalam tubuh.
:: Reply ::

Good work, thx dear

No Komen : 69
TRIYOGA BAYU / XII P3 / 29 :: 23-07-2011 22:22:33
INTISARI :
Manfaat sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari hari antara lain ..

1. Pembuatan campuran pendingin
Bertujuan untuk melarutkan berbagai jenis garam ke dalam air (umumnya digunakan dalam pembuatan es putar).

2. Pembuatan zat anti beku
Bertujuan untuk mencegah pembekuan cairan yg berfungsi sebagai pendingin (umumnya digunakan untuk mengurangi penguapan cairan pendingin pada pesawat dan kendaraan bermotor).

3. Pencairan salju di jalan raya
Bertujuan untuk membersihkan salju dengan biaya minim dengan menggunakan garam dapur dan urea (umumnya supaya terhindar dari tergelincir atau selipnya kendaraan).

4 Penentuan massa molekul relatif
Dengan mengetahui massa zat terlarut serta nilai penurunan titik bekunya, maka massa molekul relatif zat terlarut dapat ditentukan (karena sifat koligatif bergantung pada jumlah konsentrasi zat terlarut).

5 Pembuatan cairan fisiologi
Bertujuan untuk menyesuaikan konsentrasi isotonik dengan cairan tubuh (umumnya digunakan seperti obat tetes mata).

6 Desalinasi air laut melalui osmosis balik
Bertujuan untuk memisahkan zat-zat beracun dalam air limbah sebelum dilepas ke lingkungan bebas (umumnya digunakan pabrik-pabrik yang akan membuang limbahnya).



KESIMPULAN :
Tanpa kita sadari setiap hari kita berkelut dengan berbagai hal yang menunjukkan sifat koligatif larutan. Dari berbagai hal tersebut kita dapat menyimpilkan bahwa sifat koligatif larutan sangat berperan penting bagi manusia dalam berkarya, pengobatan, pencegahan wabah penyakit, dan
lain-lain.


SUMBER :
[URL=http://indonesiakutercinta.wordpress.com/2010/08/13/penggunaan-sifat-koligatif-larutan/]http://indonesiakutercinta.wordpress.com/2010/08/13/penggunaan-sifat-koligatif-larutan/[/URL]
:: Reply ::

Oh too long, dear.


next time make a short summary

No Komen : 68
Bagas Tri Widodo XII IPA 3 (06) :: 23-07-2011 22:02:17
Intisari:
Untuk membuat es krim, dibutuhkan suhu minimal minus tiga derajat celcius. Maka digunakanlah Kristal-kristal garam supaya es dapat menjadi es krim. Tatanan geometrik es yang kaku tadi akan rusak/meleleh karena panas yang ada pada es diserap oleh garam, sehingga molekul-molekul es rusak. Hal ini mengakibatkan es krim yang memiliki suhu di bawah 0 derajat celcius dan berstruktur lembut pun tercipta.

Kesimpulan:
Garam merupakan media yang paling baik untuk pembuatan es krim, dari segi harganya yang relatif murah dan mudah didapat.

Saran:
Saat akan membuat es krim, pastikan air garam ditaburkan secara merata pada sekeliling air es, sehingga didapatkan es krim yang lembut.

SUMBER:
http://gokilbo.wordpress.com/2010/07/23/mengapa-garam-bisa-membuat-es-menjadi-lebih-dingin/
:: Reply ::

Well done, dear. Keep learning, thx.

No Komen : 67
dendy agustario XII IA5 :: 23-07-2011 21:49:05
intisari : Ketika kita melihat pembuatan es krim, sebenarnya sederhana saja, yakni mencampurkan bahan-bahan dan kemudian mendinginkannya. Tak akan pernah terpikir dalam benak kita bahwa dalam proses pembuatan es krim tersebut terjadi penurunan titik beku yang mana merupakan bagian dari sifat koligatif larutan. Air murni pada tekanan 1 atmosfer akan membeku pada suhu 0°C. Namun, bila ke dalam air dilarutkan zat lain, titik beku air akan menurun. Jadi, untuk membekukan adonan es krim pun memerlukan suhu di bawah 0°C.

kesimpulan : Seperti disebut di atas, jelas campuran es krim tidak membeku pada suhu 0°C akibat sifat koligatif penurunan titik beku. Suhu campuran es dan air tadi akan tetap 0°C selama esnya belum semuanya mencair.

sumber : http://www.kimianet.lipi.go.id/utama.cgi?artikel&1102121768&1
:: Reply ::

Well done, Thx dear.


Do the best every time.

No Komen : 66
Audiyatra Aji R./05 (XII-IA3) :: 23-07-2011 21:40:39
-)Judul : Proses Osmosis pada Wortel

-)Intisari :
Sifat koligatif larutan dalam kehidupan sejari-hari dapat terlihat pada sayuran wortel.
Hal ini dapat dibuktikan jika wortel dibiarkan di ruang terbuka dengan waktu yang cukup lama,wortel akan menjadi lunak.
Wortel tersebut akan tampak segar kembali jika direndam di dalam air.Wortel tersebut akan menyerap kembali kandungan air yang hilang karena menguap.

-)Kesimpulan:
Wortel tersebut dapat menjadi segar kembali dikarenakan terjadinya proses osmosis ketika wortel direndam dalam air.
Pelarut(H20) memiliki konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan dengan zat-zat yang terkandung di dalam wortel yang memiliki konsentrasi tinggi.Sehingga,molekul-molekul pelarut(H20) berpindah dari larutan encer ke larutan yang lebih pekat(di dalam wortel) melalui membran semipermeabel.

-)Saran:
Jika ingin wortel terlihat segar kembali,rendamlah wortel tersebut kedalam air.Manfaatkanlah peristiwa proses osmosis yang begitu luar biasa diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Semoga rangkuman ini bermanfaat.

-)Sumber : kimia.upi.edu/staf/nurul/web2010/0800012/osmosis.docx
:: Reply ::

Well done, Thx dear

No Komen : 65
Nur Azizah / XII - IPA 4 / 24 :: 23-07-2011 21:32:21
intisari:

- Membuat Campuran Pendingin

Cairan pendingin adalah larutan berair yang memiliki titik beku jauh di bawah 0 derajat Celcius. Cairan pendingin digunakan pada -pabrik Es, juga digunakan untuk membuat es putar.Cairan pendingin dibuat dengan melarutkan berbagai jenis garam ke dalam air.

Pada pembuatan Es Putar, Cairan pendingan dibuat dengan mencampurkan garam dapur dengan kepingan Es batu dalam sebuah bejana berlapis kayu, pada pencampuran itu, es batu akan mencair sementara suhu turun . Selanjutnya, campuran bahan pembuat es putar dimasukan ke dalam cairan pendingin, sambil terus-menerusdiaduk sehingga campuran membeku.

Kesimpulan:
jadi untuk menurunkan suhu es menjadi dibawah 0 derajat celcius pada umunya para penjual es putar menggunakan teknik/cara seperti ini agar es yang mereka jual tidak cepet meleleh dan suhunya masih tetap terjaga. Dari sinilah dapat diambil kesimpulan bahwa Sifat koligatif larutan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

sumber: http://indonesiakutercinta.wordpress.com/2010/08/13/penggunaan-sifat-koligatif-larutan/
:: Reply ::

Well done, Thx dear

No Komen : 64
Rhezita Permatasari (XII-IPA4 / 28) :: 23-07-2011 21:27:23
Judul : Dibalik Kelembutan Es Krim

Intisari : Sebenarnya pembuatan es krim cukup mudah, hanya dengan mencampur semua bahan-bahan yang dibutuhkan lalu mendinginkannya. Air murni pada tekanan 1 atmosfer akan membeku pada suhu 0°C. Namun, bila kita melarutkan zat lain ke dalam air, titik beku air akan menurun. Jadi, untuk membekukan adonan es krim pun memerlukan suhu di bawah 0°C. Untuk itu, adonan es krim kita taruh dalam wadah yang terendam es batu dan air yang telah diberi garam dapur.

Kesimpulan : Ternyata untuk membekukan es krim, kita memerlukan suhu/temperatur dibawah 0°C, entah itu -4°C atau bahkan lebih rendah. Salah satunya dengan garam dapur yang berfungsi menurunkan titik beku larutan dapat digunakan sebagai alternatif.

Source : http://unik.supericsun.com/dibalik-kelembutan-es-krim/#axzz1SvpdadAF

Maaf bu, saya sudah comment sebelumnya dan ibu sudah me-reply. Saya lupa mencantumkan sumbernya. Ini ralatnya. Terima Kasih bu~
:: Reply ::

It's Okay, no problems, thx

No Komen : 63
Azkiya Nabila XII IPA 5 (08) :: 23-07-2011 21:14:15
Judul: Garam Si Pelumat Salju

Intisari:
Butiran garam kering menyerap zat cair di sekelilingnya. Dengan demikian garam akan menghambat air untuk membeku sehingga titik bekunya akan lebih rendah dari air biasa (0 deratat Celsius). Maka es akan meleleh terus menerus selama kadar garam masih mencukupi.
Namun cara ini memiliki dampak negatif karena garam dapat menempel pada karoseri mobil yang berbahan besi sehingga dapat mempercepat pengeroposan. Dan hal ini dapat diatasi dengan mencampur garam dengan gula sehingga dapat digunakan untuk melelehkan salju.

Saran: Campurkan garam dengan gula untuk menghindari pengeroposan pada karoseri mobil.

Sumber : http://pasarkulakan.wordpress.com/2009/12/23/garam-si-pelumat-salju/
:: Reply ::

Well done. Thx dear.


Keep learning.

No Komen : 62
m.ilham rusydi XII-ia-4/22 :: 23-07-2011 21:10:26
judul : Pencegahan pembekuan air radiator mobil pada saat musim dingin di daerah Eropa.

intisari :
sifat koligatif larutan berguna terhadap proses mencairnya air radiator yang menjadi es. Garam memang dapat mencairkan es karena saat garam diletakkan di atas es maka akan terbentuk larutan garam di atasnya. Saat tebentuk larutan garam ini, maka terbentuklah sifat koligatif larutan dimana larutan akan mengalami penurunan titik beku akibat pengaruh interaksi molekul pelarut (air) dan terlarut (garam). Sehingga, suhu es 0 C ini akan mencair. Dalam musim dingin,pengguna kendaraan bermotor harus mengontrol kendaraannya agar air raditor tidak membeku yaitu dengan cara meletakkan kendaraan ditempat yang bersuhu normal. Atau kita bisa mencairkannya dengan memberi garam pada air radiator.

kesimpulan :
jadi pengguna kendaraan di eropa harus ekstra merawat kendaraan agar tidak cepat rusak,dengan penerapan garam yang dapat mencairkan es dengan proses osmotik

web : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100731221757AAr7Dx5
:: Reply ::

Well done, thx

No Komen : 61
Dea Aqmarina G. XII IPA5 (11) :: 23-07-2011 21:07:31
Antifreeze untuk Mencairkan Salju
Di daerah yang mempunyai musim salju,setiap hujan salju terjadi jalanan dipenuhi es salju. Hal ini tentu saja membuat kendaraan sulit untuk melaju. Untuk mengatasinya, jalanan ynag bersalju tersebut ditaburi campuran garam NaCl dan CaCl2. Penaburan garam tesebut dapat mencairkan salju. Semakin banyak garam yang ditaburkan , semakin banyak pula salju yang mencair.

kesimpulan: penaburan garam dapat menurunkan titik beku sehingga dapat mempercepat proses lelehnya es yang membeku.

sumber: http://j1lbaberv3.blogspot.com/
:: Reply ::

Well done, thx dear

No Komen : 60
Rhezita Permatasari (XII-IPA4 / 28) :: 23-07-2011 20:45:58
Alamat web : http://unik.supericsun.com/dibalik-kelembutan-es-krim/#axzz1SvpdadAF
:: Reply ::

Dear, where is your comment?

No Komen : 59
Azkiya Nabila XII IPA 5 :: 23-07-2011 20:41:06
Judul: Garam Si Pelumat Salju

Intisari: Butiran garam kering menyerap zat cair di sekelilingnya. Dengan demikian muncul senyawa antara air dan garam yang titik bekunya lebih rendah dari air biasa 0 deratat Celsius. Jika tersentuh senyawa ini, maka es akan meleleh terus menerus selama kadar garam masih mencukupi.

Namun cara ini juga memiliki dampak negative karena dapat menempel pada karoseri mobil yang berbahan besi sehingga dapat mempercapat pengeroposan. Hal ini dapat diatasi dengan menambah garam dengan gula.

Saran: Campurkan garam dengan gula agar menghindari pengeroposan pada karoseri mobil.

Sumber : http://pasarkulakan.wordpress.com/2009/12/23/garam-si-pelumat-salju/
:: Reply ::

Senyawa antara garam dan air? What is that? Plz check your answer.

No Komen : 58
mada bimantoro XII-IA5/21 :: 23-07-2011 20:21:37
intisari:
jika kita memasak air tentu akan mendidih pada suhu 100°C, namun jika kita masukkan garam ke dalamnya terjadi perubahan suhu mendidihnya. Dalam hal ini tentunya akan terjadi penambahan energi tidak hanya untuk meningkatkan suhu air, namun juga untuk meningkatkan suhu garam.Garam juga berguna di daerah bersalju, karena garam bisa mencairkan salju dan es. Itu terjadi karena tercampurnya zat pelarut dan zat terlarut tidak hanya mengubah sifat kimia tetapi juga mengubah sifat fisika.Sifat-sifat ini muncul karena keberadaan partikel-partikel zat terlarut.
kesimpulan:
Bercampurnya zat terlarut dengan pelarut tidak hanya memberikan perubahan sifat kimia namun juga perubahan sifat fisika.
:: Reply ::

Perubahan kimia dan fisika? Check your answer plz

No Komen : 57
Rhezita Permatasari (XII-IPA4 / 28) :: 23-07-2011 20:14:22
Judul : Dibalik Kelembutan Es Krim

Intisari : Sebenarnya pembuatan es krim cukup mudah, hanya dengan mencampur semua bahan-bahan yang dibutuhkan lalu mendinginkannya. Air murni pada tekanan 1 atmosfer akan membeku pada suhu 0°C. Namun, bila kita melarutkan zat lain ke dalam air, titik beku air akan menurun. Jadi, untuk membekukan adonan es krim pun memerlukan suhu di bawah 0°C. Untuk itu, adonan es krim kita taruh dalam wadah yang terendam es batu dan air yang telah diberi garam dapur.

Kesimpulan : Ternyata untuk membekukan es krim, kita memerlukan suhu/temperatur dibawah 0°C, entah itu -4°C atau bahkan lebih rendah. Salah satunya dengan garam dapur yang berfungsi menurunkan titik beku larutan dapat digunakan sebagai alternatif.
:: Reply ::

Well done, Thx dear.

No Komen : 56
Meda Mandira XII IPA 4 (20) :: 23-07-2011 20:12:43
Judul : Peranan sifat koligatif dalam kehidupan sehari-hari

Intisari : garam dapur dapat mencairkan salju. tumpukan salju di jalan di negara bermusim dingin mudah dibersihkan dengan menambahkan garam, sehingga menurunkan titik beku larutan, jadi titik beku larutan (garam + salju ) akan lebih rendah dr pada titik beku salju.

Kesimpulan : sifat koligatif penurunan titik beku dapat mencairkan tumpukan salju karena dapat menurunkan titik beku suatu larutan.

Sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090913072759AASg4lm
:: Reply ::

Good work.Thx dear.

No Komen : 55
Fajar Adi Nugroho XII IPA 3 - 12 :: 23-07-2011 19:57:20
Intisari: Tekanan osmosis dapat diaplikasikan dalam penggunaan cairan infus. Cairan infus yang diberikan harus memiliki tekanan osmotik yang sama agar infus dapat berfungsi semestinya. Jika tekanan sel darah merah lebih besar dari tekanan cairan infus,cairan infus akan menarik cairan dan elektrolit dari jaringan ke dalam pembuluh darah. Tetapi jika tekanan sel darah merah lebih kecil dari tekanan cairan infus,cairan infus akan ditarik ke dalam jaringan.
Kesimpulan : Pengaplikasian tekanan osmosis dalam infus sangat berguna di bidang medis.
Sumber : http://onetricks.blogspot.com/2010/08/pengaplikasian-sifat-koligatif-dalam.html
:: Reply ::

Well done, Thx


Keep learning.

No Komen : 54
Adelya S.P. XII IPA 5 (01) :: 23-07-2011 19:46:39
Intisari :
Aplikasi penggunaan larutan koligatif
1. membuat campuran pendingin
campuran pendingin adalah larutan berair yang memiliki titik beku jauh di bawah 0 derajat C. digunakan pada pabrik es, dan untuk membuat es putar. cairan ini dibuat dengan melarutkan berbagai jenis garam ke daalm air.

2. cairan anti beku
antibeku adalah zat yang ditambahkan ke dalam suatu cairan untuk menurunkan titik bekunya. antibeku mencegah pembekuan cairan yang digunakan sebagai pendingin, misalnya dalam pesawat terbang dan kendaraan bermotor. zat anti beku ideal = larut dalam cairan pendinginnya sendiri, viskositas dan konduktivitas listrik rendah, titik didih tinggi, tidak korosif, dan mempunyai daya hantar panas yang baik. antibeku yang banyak digunakan dalam kendaraan bermotor adalah glikol. selain menurunkan titik beku, antibeku juga menaikkan titik didih, sehingga mengurangi penguapan.

3. mencairkan salju di jalan raya.
lapisan salju dibersihkan emnggunakan garam dapir atau urea. prinsip dasar yang digunakan adalah penurunan titik beku.

4. menentukan massa molekul relatif
pengukuran sifat koligatif dapat digunakan untukmenentukan massa molekul relatif, karena sifat koligatif tergantung pada konsentrasi zat.

5.membuat cairan fisiologis
cairan fisiologis seperti infus dan obat tetes mata harus isotonik dengan tubuh kita. oleh karena itu, konsentrasinya perlu disesuaikan.

6. desalinasi air laut melaliu osmosis balik
osmosis balik digunakan untuk membuat air murni dari air laut. dengan memberi tekanan pada permukaan air laut yang lebih besar daripada tekanan osmotiknya, air dipaksa untuk merembes dari air asin ke dalam air murni melalui selaput permeabel utnuk air tapi tidak untuk ion ion garam dalam air laut.
penggunaan lain dari osmosis balik yaitu untuk memisahkan zat-zat beracun dalam air limbah sebelum dilepas ke lingkungan bebas.

Kesimpulan : Sifat koligatif sangat bermanfaat dalam kehidupan. Contohnya pada dunia kesehatan yaitu pada pembuatan cairan infus.
:: Reply ::

Good work, Thx.


Next time, plz focus on a certain topic.

No Komen : 53
NUR AINI XII IA 5 / 26 :: 23-07-2011 19:40:15
Judul : Penerapan Sifat Koligatif dalam Kehidupan Sehari-hari

Intisari : Contoh dalam bidang kesehatan, yaitu tekanan osmosis dalam cairan infus. jika seseorang memerlukan nutrisi dari injeksi cairan infus, maka tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik).
jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut.
jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik), maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah.

Kesimpulan : Sifat koligatif tekanan osmotik pada cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah agar injeksi cairan infus dapat diterima dengan baik oleh tubuh.

Sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090913072759AASg4lm
:: Reply ::

Well done, Thx dear

No Komen : 52
Soca Gumilar Ramadhan XII-IPA3 (25) :: 23-07-2011 19:39:36
Judul : proses osmosis pada pemupukan tanaman.
intisari :
pemupukan pada tanaman haruslah sesuai dengan takaran yang tepat, tidak sedikit, dan tidak terlalu banyak.
Jika terlalu sedikit tanaman akan kekurangan nutrisi dan akan kelaparan.
Begitu pula jika terlalu banyak, karena cairan pada pupuk itu lebih pekat/kosentrasinya lebih tinggi daripada cairan pada sel tanaman itu sendiri, air dari tanaman tersebut akan ditarik keluar. Keadaan ini akan menyebabkan sel kekurangan cairan, dan akibatnya tanaman menjadi layu, bahkan mati.
Kesimpulan : kita harus memahami proses osmosis untuk memupuk tanaman dengan takaran yang tepat.
Saran : kita harus memberi pupuk pada tanaman dengan takaran yang sesuai, dengan jenis tanaman yang kita punya, agar tanaman tumbuh sehat.
Sumber :
http://books.google.co.id/books?id=BvqstT6oE8gC&pg=PA3&lpg=PA3&dq=osmosis+dalam+pemberian+pupuk&source=bl&ots=eKgKxfx1w0&sig=Wh_qFNjGL8fwEvE6RVTwxz-lhy8&hl=id&ei=_bEqTsnTFsTlrAecu5CyDQ&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=7&ved=0CD0Q6AEwBg#v=onepage&q=osmosis%20dalam%20pemberian%20pupuk&f=false
:: Reply ::

Well done, Thx dear

No Komen : 51
Embun Vina Putri-XII IA3 (11) :: 23-07-2011 19:34:44
Intisari: Es krim merupakan busa (gas yang terdispersi dalam cairan) yang diawetkan dengan pendinginan. Kandungan lemak susu dalam es krim yang terlalu rendah dapat membuat es lebih besar dan teksturnya lebih kasar serta terasa lebih dingin. Permukaan es yang berhubungan langsung dengan udara akan segera naik suhunya mencapai 0°C dan sebagiannya akan mencair. Campuran es krim tidak membeku pada suhu 0°C akibat sifat koligatif penurunan titik beku.

Kesimpulan: Dalam es krim , ternyata sifat koligatif larutan mempunyai peranan penting dalam pembuatan es krim. Maka es krim harus disimpan dengan baik agar sifat tekstur tidak berubah dan dapat dimakan.
:: Reply ::

Well done, good conclusion. Thx.

No Komen : 50
Nur Azizah XII IPA 3 (18) :: 23-07-2011 19:30:32
Judul : Pengaplikasian Sifat Koligatif Dalam Dunia Medis (cairan infus)

Pengaplikasisan tekanan osmotik dalam bidang kesehatan, yaitu tekanan osmosis dalam cairan infus.
Jika seseorang memerlukan nutrisi dari injeksi cairan infus, maka tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik). Cairan Isotonik adalah cairan infuse yang osmolaritas (tingkat kepekatan) cairannya mendekati serum (bagian cair dari komponen darah), sehingga terus berada di dalam pembuluh darah. Bermanfaat pada pasien yang mengalami hipovolemi (kekurangan cairan tubuh, sehingga tekanan darah terus menurun). Memiliki risiko terjadinya overload (kelebihan cairan), khususnya pada penyakit gagal jantung kongestif dan hipertensi.

Jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut. Cairan hipertonik adalah cairan infus yang osmolaritasnya lebih tinggi dibandingkan serum, sehingga “menarik” cairan dan elektrolit dari jaringan dan sel ke dalam pembuluh darah. Mampu menstabilkan tekanan darah.

Jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik), maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah. Cairan hipotonik adalah cairan infuse yang osmolaritasnya lebih rendah dibandingkan serum (konsentrasi ion Na+ lebih rendah dibandingkan serum), sehingga larut dalam serum, dan menurunkan osmolaritas serum. Maka cairan “ditarik” dari dalam pembuluh darah keluar ke jaringan sekitarnya (prinsip cairan berpindah dari osmolaritas rendah ke osmolaritas tinggi), sampai akhirnya mengisi sel-sel yang dituju. Digunakan pada keadaan sel “mengalami” dehidrasi, misalnya pada pasien cuci darah (dialisis) dalam terapi diuretik.

Sumber : http://onetricks.blogspot.com/2010/08/pengaplikasian-sifat-koligatif-dalam.html

Kesimpulan : Penerapan sistem koligatif tekanan osmosis infus dalam bidang medis sangatlah berguna bagi seseorang yang memerlukan banyak nutrisi.

Saran : Sebaiknya penggunaan infus diperhatikan dan disesuaikan antara tekanan sel darah merah dan cairan infus. Jika pengunaannya tidak sesuai akan mengakibatjam sel darah merah menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah atau air dalam sel darah merah akan keluar sehingga sel akan mengerut.
:: Reply ::

It's Okay. good work, Thx

No Komen : 49
Tiara Weni Arista (32) XII IPA5 :: 23-07-2011 19:29:55
judul: Pengaplikasisan tekanan osmotik dalam bidang kesehatan, yaitu tekanan osmosis dalam cairan infus.

Jika seseorang memerlukan nutrisi dari injeksi cairan infus, maka tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik).
1. Jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut.
2. Jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik), maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah. sehingga terjadi pembocoran cairan

kesimpulan: sifat koligatif tekanan osmotik ini sangat berguna sekali di bidang medis terutama bagi pasien yang membutuhkan cairan tambahan dalam tubuhnya.

sumber: http://onetricks.blogspot.com/2010/08/pengaplikasian-sifat-koligatif-dalam.html
:: Reply ::

Well done, Thx


Keep learning.

No Komen : 48
Bayu Aditya Amang XII-IA5/09 :: 23-07-2011 19:20:56
Intisari:
Garam dapur dapat mencairkan salju. Tumpukan salju di jalan di Negara bermusim dingin mudah dibersihkan dengan menambahkan garam, sehingga menurunkan titik beku larutan, jadi titik beku larutan (garam + salju ) akan lebih rendah daripada titik beku salju.
Kesimpulan:
Penerapan Sifat Koligatif sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari contohnya dalam mengatasi masalah timbunan salju di Negara bermusim dingin.
:: Reply ::

Well done. thx dear

No Komen : 47
DIEGA HANANDA Z/ XII-IA 5/ 33 :: 23-07-2011 19:18:23
• Antibeku
Intisari :
Antibeku adalah zat yang ditambahkan kedalam suatu cairan untuk menurunkan titik bekunya. Antibeku mencegah pembekuan cairan yang digunakan sebagai pendingin, misalnya dalam pesawat terbang dan kendaraan bermotor. Zat anti beku yang ideal adalah zat yang dapat larut dalam cairan pendingin sendiri, mempunyai viskositas dan konduktivitas listrik yang rendah, titik didih tingggi, tidak korosif, dan mempunyai daya hantar panas yang baik. Antibeku yang banyak digunakan dalam kendaraan bermotor berupa etinglikol. Selain menurunkan titik beku, antibeku juga menaikan titik didih, sehingga mengurangi penguapan.
Kesimpulan :
Zat antibeku tersebut sangat berguna , karena dapat mencegah pembekuan cairan pendingin. Misalnya cairan pendingin yang di gunakan dalam pesawat terbang tidak akan membeku pada saat pesawat itu terbang , meskipun suhu udara sangat rendah .
Sumber :: http://indonesiakutercinta.wordpress.com/2010/08/13/penggunaan-sifat-koligatif-larutan/

:: Reply ::

Good work, thx dear

No Komen : 46
Asti Putri XII IPA 5 :: 23-07-2011 19:18:22
Judul : Sifat Koligatif dalam Kehidupan Sehari - Hari

Intisari :Jika seseorang memerlukan nutrisi dari injeksi cairan infus, maka tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik). Cairan Isotonik adalah cairan infuse yang osmolaritas (tingkat kepekatan) cairannya mendekati serum (bagian cair dari komponen darah), sehingga terus berada di dalam pembuluh darah.
Kesimpulan :
Jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut. Cairan hipertonik adalah cairan infus yang osmolaritasnya lebih tinggi dibandingkan serum, sehingga “menarik” cairan dan elektrolit dari jaringan dan sel ke dalam pembuluh darah. Jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik), maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah.
Sumber : http://onetricks.blogspot.com/2010/08/pengaplikasian-sifat-koligatif-dalam.html
:: Reply ::

Good work, thx dear

No Komen : 45
Aldo Armando XII-IPA 5 (04) :: 23-07-2011 19:10:26
Judul : Mencairkan salju dengan garam dapur
Intisari : garam dapur dapat mencairkan salju. tumpukan salju di jalan di negara bermusim dingin mudah dibersihkan dengan menambahkan garam, sehingga menurunkan titik beku larutan, jadi titik beku larutan (garam + salju ) akan lebih rendah dr pada titik beku salju.


Kesimpulan : dengan menabur garam di salju akan menurunkan titik beku air
:: Reply ::

Well done, thx dear, keep learning, plz.

No Komen : 44
Lia A.M. XII IA5/17 :: 23-07-2011 18:56:29
Antibeku dalam tubuh hewan

Ikan-ikan yang tinggal di lautan bersuhu rendah memanfaaatkan prinsip sifat koligatif larutan penurunan titik beku untuk bertahan hidup. Darah ikan-ikan laut mengandung sejumlah garam dan zat anti beku lainnya yang mampu menurunkan titik beku air hingga 0.8 derajat celcius. Dengan demikian, ikan laut dapat bertahan di musim dingin yang suhunya mencapai 1.9 derajat celcius karena zat anti beku yang dikandungnya dapt mencegah pembentukan kristal es dalam jaringan dan selnya.

Kesimpulan:
Aplikasi sifat koligatif penurunan titik beku pada ikan sangat berguna untuk mencegah ikan-ikan mati membeku.
 
No Komen : 43
Eko Praptono XII -IPA 5 :: 23-07-2011 18:38:47
Judul: Pencairan salju di jalan raya
Intisari: Pada daerah yang bersalju, Untuk mencairkan salju di jalanan dilakukan dengan meleburkan garam dapur atau urea. Penambahan garam dapur akan menyebabkan titik beku (titik lebur) air akan turun di bawah 0° C. Air murni akan membeku pada 0° C, sehingga bila suhu udara mencapai 0° C air hujan akan berupah menjadi -10° C, maka pada suhu -6° C air hujan beluberubah menjadi salju, dan salju yang ada di jalanan akan segera mencair bila di taburi garam dapur.
Kesimpulan: Sifat koligatif bermanfaat untuk menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya.
:: Reply ::

Yayaya boleh juga, nalarmu pada konsep sifat koligatif sudah bagus. Terus tingkatkan prestasimu, thx for your comment.

No Komen : 42
Marisa Arnindita Palma XII-IPA4 (18) :: 23-07-2011 18:28:46
Intisari :
Pengasinan telur umumnya dilakukan dengan dua cara, yaitu perendaman dalam larutan garam dan pemeraman oleh adonan campuran garam dengan tanah liat. Prinsip kedua cara tersebut adalah dehidrasi osmosis, yaitu proses pengurangan air dari bahan (telur) dengan cara membenamkan bahan dalam suatu larutan yang berkonsentrasi tinggi karena larutan tersebut mempunyai tekanan osmosis tinggi. Aplikasi dehidrasi osmosis dalam proses pengasinan, terlihat dengan keluarnya air dari dalam telur bersamaan dengan masuknya larutan garam ke dalam telur.


Kesimpulan :
Dehidrasi osmosis merupakan proses perpindahan massa secara simultan antara keluarnya air dari bahan dan zat terlarut berpindah dari larutan ke dalam bahan. Perpindahan massa osmosis dinyatakan sebagai kehilangan air dan penambahan padatan.


http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnaltin/article/viewFile/1104/184
:: Reply ::

Excellent idea dear, wawasanmu makin luas dan bersifat terapan. The for your comment.

No Komen : 41
Alvina Putri P ( XII IPA 4 - 03 ) :: 23-07-2011 18:27:43
judul : pengaruh tekanan osmotik dalam bidang kesehatan

intisari :
aplikasi dalam bidang kesehatan, yaitu tekanan osmosis dalam cairan infus. jika seseorang memerlukan nutrisi dari injeksi cairan infus, maka tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik).
jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut.
jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik),
maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah

kesimpulan :
sifat koligatif penting untuk kita ketahui karena tanpa kita sadari sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita. contohnya saja seperti infus . jika salah sedikit saja mengukur cairan infus yang akan diinjeksikan maka sangat fatal bagi kehidupan seorang individu

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090913072759AASg4lm
:: Reply ::

Good work, thx dear

No Komen : 40
firda isnantri (10) XII IA 4 :: 23-07-2011 17:56:42
Intisari :
Larutan penyangga sangat berperan dalam tubuh manusia untuk menunjang kehidupan. Larutan penyangga berfungsi menjaga pH pada plasma darah agar berada pada pH berkisar 7,35 – 7,45 ,yaitu dari ion HCO3- dengan ion Na+ .
Apabila pH darah lebih dari 7,45 akan mengalami alkalosis, akibatnya terjadi hiperventilas (bernapas berlebihan), mutah hebat. Kemudian apabila pH darah kurang dari 7,35 akan mengalami acidosis. Akibatnya jantung ,ginjal ,hati dan pencernaan akan terganggu.

Kesimpulan:
Larutan penyangga sangat berperan pada proses kehidupan manusia. Larutan penyangga menentukan kadar pH pada plasma darah agar tetap normal.

 
No Komen : 39
Izza Lutfiyah/XII-ipa4/14 :: 23-07-2011 17:09:25
Judul : Desalinasi Air larut melalui Osmosis balik

Intisari :
osmosis balik adalah perembesan pelarut dari larutan ke pelarut, atau dari larutan yang lebih pekat ke larutan yang lebih encer. Osmosis balik terjadi jika kepada larutan diberikan tekanan yang lebih besar dari tekanan osmotiknya

Osmosis balik digunakan untuk membuat air murni dari air laut. Dengan memberi tekanan osmotiknya, air dipaksa untuk merembes dari air asin ke dalam air murni melalui selaput yang permeabel untuk air tetapi tidak untuk ion-ion dalam air.

Saran :
Mengelola air limbah sangat baik bila menggunakan sistem osmosis balik . karena untuk memisahkan zat-zat beracun dalam air limbah sebelum dilepas ke lingkungan bebas.

indonesiakutercinta.wordpress.com/2010/08/13/penggunaan-sifat-koligatif-larutan/
 
No Komen : 38
Lidya Kustiningrum XII-IA5 (18) :: 23-07-2011 16:31:41
Judul:tekanan osmosis dalam cairan infus.

Intisari:
Jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut.
Jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik), maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah.

Kesimpulan:
penerapan sifat koligatif dalam tekanan osmosis dalam cairan infus sangat bermanfaat dalam injeksi cairan infus.
Saran:
saat pemasangan infus di lakukan tekanan osmotik dalam infus harus sesuai dengan tekanan osmotik dalam darah.
:: Reply ::

Excellent point, thx dear. Keep learning.

No Komen : 37
Selvia Fujila N /XII-IPA5/31 :: 23-07-2011 16:04:37
Intisari:
Dalam pembuatan es krim, suhu 0 derajat Celcius yang didapat dari es murni tidaklah cukup untuk membuat es krim. Paling tidak dibutuhkan suhu lebih rendah dari 0 derajat celcius untuk membuat es krim. Dalam hal ini digunakanlah garam sebagai media pembuatannya. Es yang ditaburi garam, sebagian akan mencair dan bergabung membentuk air garam. Dalam proses ini garam menyerap panas dari es, dan merusak struktur geometric es yang kaku. Sehingga suhu es menjadi lebih rendah dan struktur es menjadi lebih lembut.

Kesimpulan:
Saat ditaburi garam, garam tersebut menghambat penbekuan pada es dan terjadi penurunan titik beku. Sehingga suhunya menjadi lebih rendah.
Saran:
Gunakan wadah plastik yang tebal dan tertutup rapat agar membantu proses pembekuan secara merata.

sumber : http://gokilbo.wordpress.com/2010/07/23/mengapa-garam-bisa-membuat-es-menjadi-lebih-dingin/
:: Reply ::

Well done, dear thx.


Catatan: Panas itu hot, oh inikok panas ya, kenapa? nah ada rambatan kalor. Jadi maksudmu itu kalor (heat), bukan panas.

No Komen : 36
Nadia S XII IA 5 :: 23-07-2011 15:47:37
Intisari:
Osmosis balik dapat di gunakan untuk memurnikan air laut dengan memberi air laut tekanan osmotik yang lebih besar dari tekanan osmotiknya. Dengan begitu, air dapat di paksa bergerak dari air asin menuju air murni melalui selaput semipermeabel yang dapat di lewati air namun tidak dengan ion ion garam.
:: Reply ::

Well done, dear Thx.


Eh membrannya terbuat dari apa ya?

No Komen : 35
Nadia S XII IA 5 :: 23-07-2011 15:47:00
Intisari:
Osmosis balik dapat di gunakan untuk memurnikan air laut dengan memberi air laut tekanan osmotik yang lebih besar dari tekanan osmotiknya. Dengan begitu, air dapat di paksa bergerak dari air asin menuju air murni melalui selaput semipermeabel yang dapat di lewati air namun tidak dengan ion ion garam.
:: Reply ::

Mana kesimpulan dan sarannya?

No Komen : 34
Misbachur rizqi pratama (XIA-IA5 / 22) :: 23-07-2011 15:26:07
judul : * Membuat Campuran Pendingin

intisari :
Cairan pendingin adalah larutan berair yang memiliki titik beku jauh di bawah 0 derajat Celcius. Cairan pendingin digunakan pada -pabrik Es, juga digunakan untuk membuat es putar.Cairan pendingin dibuat dengan melarutkan berbagai jenis garam ke dalam air.

saran : pembuatan es dengan memanfaatkan sifat kolegatif larutan dapat trus di kembangkan untuk produk lain dengan titik beku melebihi 0 derajat celcius

sumber :http://indonesiakutercinta.wordpress.com penggunaan-sifat-koligatif-larutan/
:: Reply ::

Well done, thx dear

No Komen : 33
Bagas Tri Widodo XII IPA 3 / 06 :: 23-07-2011 15:21:40
Intisari:
Untuk membuat es krim, dibutuhkan suhu minimal minus tiga derajat. Maka digunakanlah Kristal-kristal garam supaya air es menjadi es krim. Tatanan geometrik air yang kaku tadi akan rusak/mencair karena panas yang ada pada air es diserap oleh garam, sehingga molekul-molekul air es mencair dan es krim yang memiliki suhu di bawah 0 derajat celcius pun tercipta.

Kesimpulan:
Garam merupakan media yang paling baik untuk pembuatan es krim, dari segi harganya yang relatif murah dan mudah didapat.

Saran:
Saat akan membuat es krim, pastikan air garam ditaburkan secara merata pada sekeliling air es, sehingga didapatkan es krim yang lembut.

SUMBER:
http://gokilbo.wordpress.com/2010/07/23/mengapa-garam-bisa-membuat-es-menjadi-lebih-dingin/
:: Reply ::

Well done, thx dear

No Komen : 32
dina ambarsari XII IPA 5 (13) :: 23-07-2011 14:38:26
judul: sifat koligatif dalam desalinasi air laut

intisari:
Banyak tempat di berbagai pelosok di dunia yang berdampingan dengan lautan, tetapi penduduknya kekurangan air tawar. Untuk itu negara Arab Saudi menggunakan suatu metode pemisahan air tawar dari garam-garam pekat air laut. Membuang garam-garam yang terlarut dalam air disebut desalinasi.
Banyak penelitian dan pengembangan dipusatkan pada 5 metode desalinasi, yaitu: penyulingan, pembekuan, osmosis terbalik, elektron dialisis, dan pertukaran ion.
Desalinasi osmosis terbalik merupakan metode yang ekonomis.Dalam metode ini, garam terpisah dari airnya oleh tekanan pada membran semipermiabel yang memisahkan sumber air(air laut) dari produknya(air tawar).

kesimpulan:
Keunggulan teknologi osmosis balik merupakan kecepatan proses pengolahan dalam memproduksi air bersih.
Kelemahan dari osmosis balik yaitu penyumbatan pada selaput membran oleh bakteri dan kerak kapur atau fosfat. Yang umum terdapat dalam air asin atau laut. Untuk mengatasi kelemahannya,alat osmosis balik selalu dilengkapi dengan unit anti pengerakkan dan anti penyumbatan oleh bakteri.



http://alazka.sch.id/digilib/wp-content/uploads/2011/04/BSE%20SMA/Kelas%2012/Kimia/20090904121620_Praktis_belajar_kimia_SMA_XII_IPA_Iman_Rahayu.pdf
:: Reply ::

Good work, thx dear.

No Komen : 31
syaiful budianto :: 23-07-2011 13:51:51
judul:Tekanan Osmosis Dalam Infus
Intisari:
Sifat koligatif dapat diaplikasikan dalam penggunaan cairan infus.Apabila seseorang di infus,tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik) harus seimbang dengan tekanan osmotik cairan infus.Jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik), maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah.Jika tekanan dalam sel darah merah >tekanan cairan infus (hipertonik),maka air dalam darah merah akan keluar dari tubuh.sehingga sel mengkerut.dan pasien akan merasa lemas dan sakit.
kesimpulan:penggunaan infus harus seimbang antara tekanan osmosis dalam darah dengan tekanan osmosis cairan infus.
Saran:apabila darah keluar dari dalam tubuh,maka pasien harus cepat-cepat menaruh cairan infus ke tempat lebih tinggi dari tubuh yang terinfus.dan mengontrol kecepatan cairan yang masuk dalam tubuh.
:: Reply ::

Well done, thx dear

No Komen : 30
M. Rahudita S. XII IPA 3/29 :: 23-07-2011 12:48:53
Judul : Sifat Koligatif pada Pembuatan Es Krim
Intisari:
Sifat koligatif sangat dibutuhkan untuk membuat es krim. Air pada tekanan 1 atm akan membeku pada suhu 0°C. Tetapi apabila air dilarutkan zat lain, titik bekunya akan menurun di bawah nol. Begitu pula saat membekukan adonan es. Pembekuan es krim memerlukan suhu di bawah nol. Turunnya titik beku ini diakibatkan oleh sifat koligatif larutan.
Kesimpulan:
Sifat koligatif memiliki peranan penting dalam proses pembekuan es krim.
Saran:
Pada saat membuat es krim, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan selain masalah rasa. Hal tersebut ialah pengguncangan saat membuat es krim. Tujuannya adalah untuk mengecilkan kristal yang terbentuk sehingga es krim yang dibuat semakin lembut.
:: Reply ::

Well done, thx dear

No Komen : 29
Fitri Rahmadani S. XII IA3 no.14 :: 23-07-2011 12:10:57
Judul: Aplikasi Sifat Koligatif Di Balik Lembutnya Es Krim
Intisari:
Sifat koligatif larutan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya saat membuat es krim yang lezat dan lembut. Es krim merupakan busa, yaitu gas yang terdispersi dalam cairan yang diawetkan dengan pendinginan. Pembuatan dan penyimpanannya memerlukan banyak komponen yang berkaitan dengan sifat koligatif dan sifat koloid larutan seperti ditambahkannya sedikit garam ke campuran es dan air. Air lelehan es dengan segera akan melarutkan garam yang ditaburkan dan dengan demikian, kristal es akan terapung di larutan garam. Karena larutan garam akan mempunyai titik beku yang lebih rendah dari 0°C, es akan turun suhunya sampai titik beku air garam tercapai. Dengan kata lain, campuran es krim tadi dikelilingi oleh larutan garam yang temperaturnya lebih rendah dari 0°C sehingga adonan es krim itu akan dapat membeku.
Kesimpulan:
Tenyata sifat koligatif larutan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari pada hal yang tidak kita duga, seperti contohnya pembuatan es krim di atas. Selain itu masih banyak kegunaan sifat koligatif yang lain seperti aplikasi tekanan osmosis dalam cairan infus serta pencairan salju di jalan menggunakan taburan garam (NaCl).
Saran:
Pembuatan es krim terdapat banyak unsur yang mesti diperhatikan seperti saat pembekuan yaitu dengan menaburkan larutan garam pada sekeliling air dan es agar dapat membeku, sekaligus diaduk secara serempak agar ukuran kristal es semakin kecil dan semakin lembut saat dimakan.
:: Reply ::

Good work, thx dear.

No Komen : 28
Aulia Rachim XII IPA5 :: 23-07-2011 11:52:14
Intisari:
Jika seseorang memerlukan nutrisi dari injeksi cairan infus, maka tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik). Cairan Isotonik adalah cairan infuse yang osmolaritas (tingkat kepekatan) cairannya mendekati serum (bagian cair dari komponen darah), sehingga terus berada di dalam pembuluh darah.

Jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut. Cairan hipertonik adalah cairan infus yang osmolaritasnya lebih tinggi dibandingkan serum, sehingga “menarik” cairan dan elektrolit dari jaringan dan sel ke dalam pembuluh darah.

Jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik), maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah. Cairan hipotonik adalah cairan infuse yang osmolaritasnya lebih rendah dibandingkan serum (konsentrasi ion Na+ lebih rendah dibandingkan serum), sehingga larut dalam serum, dan menurunkan osmolaritas serum. Maka cairan “ditarik” dari dalam pembuluh darah keluar ke jaringan sekitarnya (prinsip cairan berpindah dari osmolaritas rendah ke osmolaritas tinggi), sampai akhirnya mengisi sel-sel yang dituju.

Kesimpulan:
Sifat koligatif tekanan osmotik sangat berguna bagi dunia kesehatan.

Sumber: http://onetricks.blogspot.com/2010/08/pengaplikasian-sifat-koligatif-dalam.html
:: Reply ::

Good work, thx dear.

No Komen : 27
Oky Subriyanto XII-A5 (27) :: 23-07-2011 11:51:58
SIFAT KOLIGATIF DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI dalam penggunaan infus di rumah sakit. Sifat koligatif larutan di antaranya
1. tekanan osmotik
aplikasi dalam bidang kesehatan, yaitu tekanan osmosis dalam cairan infus. jika seseorang memerlukan nutrisi dari injeksi cairan infus, maka tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik).

jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut.
jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik),
maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah.

Saran ;
Sebaiknya tekanan cairan dalam infus di sesuaikan dengan keadaan sel darah merah. jika tidak akan mengakibatkan ketidak sesuain di antara keduanya.

http: id.answers.yahoo.com
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 26
Aulia Rachim XII IPA5 :: 23-07-2011 11:48:40
Intisari:
Jika seseorang memerlukan nutrisi dari injeksi cairan infus, maka tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik). Cairan Isotonik adalah cairan infuse yang osmolaritas (tingkat kepekatan) cairannya mendekati serum (bagian cair dari komponen darah), sehingga terus berada di dalam pembuluh darah.

Jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut. Cairan hipertonik adalah cairan infus yang osmolaritasnya lebih tinggi dibandingkan serum, sehingga “menarik” cairan dan elektrolit dari jaringan dan sel ke dalam pembuluh darah.

Jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik), maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah. Cairan hipotonik adalah cairan infuse yang osmolaritasnya lebih rendah dibandingkan serum (konsentrasi ion Na+ lebih rendah dibandingkan serum), sehingga larut dalam serum, dan menurunkan osmolaritas serum. Maka cairan “ditarik” dari dalam pembuluh darah keluar ke jaringan sekitarnya (prinsip cairan berpindah dari osmolaritas rendah ke osmolaritas tinggi), sampai akhirnya mengisi sel-sel yang dituju.

Kesimpulan:
Sifat koligatif tekanan osmotik sangat berguna bagi dunia kesehatan.
:: Reply ::

Good work, thx dear

No Komen : 25
Oky Subriyanto XII-A5 (27) :: 23-07-2011 11:42:19
intisari :
SIFAT KOLIGATIF DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI dalam penggunaan infus di rumah sakit. Sifat koligatif larutan di antaranya
1. tekanan osmotik
aplikasi dalam bidang kesehatan, yaitu tekanan osmosis dalam cairan infus. jika seseorang memerlukan nutrisi dari injeksi cairan infus, maka tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik).

jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut.
jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik),
maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah.

Saran ;
Sebaiknya tekanan cairan dalam infus di sesuaikan dengan keadaan sel darah merah. jika tidak akan mengakibatkan ketidak sesuain di antara keduanya.
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 24
Irine Dwi Oktaviana (XII-IA3/16) :: 23-07-2011 11:11:48
Intisari:
Garam dapur dapat digunakan untuk mencairkan salju yang suhunya mencapai suhu -6° C. Hal tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk mencairkan salju di jalanan yang ditimbuni salju. Adanya penambahan garam dapur akan menyebabkan penurunan titik beku hingga dibawah 0° C sehingga salju mencair.
Saran:
Mengatasi timbunan salju di suatu daerah, dapat menggunakan penerapan sifat koligatif yaitu menaburkan garam dapur. Hal ini bermanfaat untuk mencegah agar kendaraan tidak tergelincir.
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 23
Irine Dwi Oktaviana :: 23-07-2011 11:04:51
Intisari:
Garam dapur dapat digunakan untuk mencairkan salju yang suhunya mencapai suhu -6° C. Hal tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk mencairkan salju di jalanan yang ditimbuni salju. Adanya penambahan garam dapur akan menyebabkan penurunan titik beku hingga dibawah 0° C sehingga salju mencair.
Saran:
Mengatasi timbunan salju di suatu daerah, dapat menggunakan penerapan sifat koligatif yaitu menaburkan garam dapur. Hal ini bermanfaat untuk mencegah agar kendaraan tidak tergelincir.
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 22
Mohamad Bagus Setiawan :: 23-07-2011 10:11:22
intisari :
osmosis balik digunakan untuk membuat air murni dari air laut. dengan memberi tekanan pada permukaan air laut yang lebih besar daripada tekanan osmotiknya, air dipaksa untuk merembes dari air asin ke dalam air murni melalui selaput permeabel utnuk air tapi tidak untuk ion ion garam dalam air laut.

saran :
penggunaan lain dari osmosis balik yaitu untuk memisahkan zat-zat beracun dalam air limbah sebelum dilepas ke lingkungan bebas.

sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=Ag7P_oRS2HfzWhNmwitEYObsRgx.;_ylv=3?qid=20090913043613AA2krcl

terima kasih
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 21
DAVID FREDDY FIRMANTOKO (XII-IPA 5/10) :: 23-07-2011 10:07:21
intisari :
Kenapa Ice Cream Di Freezer tidak membeku, atau tepatnya tidak sekeras es batu? Yah, semua itu terkait dengan sifat koligatif larutan. Sifat koligatif larutan adalah sifat suatu larutan dilihat dari jumlah partikel yang terlarut. Ada tiga sifat koligatif, yang pertama adalah penurunan titik beku, kenaikan titik didih, dan tekanan osmotik. Nah, ice cream yang tidak membeku ketika diletakkan didalam freezer adalah salah satu contoh sifat koligatif larutan, yakni menurunkan titik beku. Titik beku air murni adalah nol derajat celcius.

Ice Cream mengandung banyak garam dan mineral, sedangkan air putih tidak. Jadi jumlah partikel terlarut dalam es krim jauh lebih banyak, dan hal ini menyebabkan titik beku ice cream turun tidak lagi nol derajat celsius, tetapi beberapa derajat dibawah nol. Inilah yang menyebabkan ice cream tidak keras walaupun diletakkan lemari es.

saran :
pembuatan ice cream tidak dapat di letakkan di lemari es karena titik beku ice cream tidak lagi di titik nol derajat celcius , di karenakan jumlah partikel terlarut dalam es lebih banyak dari pada air .

sumber : http://anaprivat.blogspot.com/2009/10/kenapa-ice-cream-di-freezer-tidak.html

-terima kasih-
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 20
Mohamad Bagus Setiawan (XII-IPA 5/23) :: 23-07-2011 09:52:38
intisari :
osmosis balik digunakan untuk membuat air murni dari air laut. dengan memberi tekanan pada permukaan air laut yang lebih besar daripada tekanan osmotiknya, air dipaksa untuk merembes dari air asin ke dalam air murni melalui selaput permeabel utnuk air tapi tidak untuk ion ion garam dalam air laut.

saran :
penggunaan lain dari osmosis balik yaitu untuk memisahkan zat-zat beracun dalam air limbah sebelum dilepas ke lingkungan bebas.
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 19
Dian Maya Ratna P XII IA4 (08) :: 23-07-2011 09:52:04
Di daerah bermusim dingin, banyak sekali jalan atau rumah-rumah yang tertutup oleh tumpukan hujan salju. Jika dibersihkan dengan menggunakan alat bantu saja akan memerlukan waktu yang cukup lama. Dalam hal ini kita bisa membersihkan tumpukan salju tersebut dengan menambahkan garam, sehingga dapat menurunkan titik beku larutan.
Kesimpulannya:
Adanya zat terlarut dalam larutan akan mengakibatkan titik beku larutan lebih kecil daripada titik beku pelarutnya. titik beku larutan (garam + salju ) akan lebih rendah dari pada titik beku salju. Maka hanya dengan menaburkan garam kita dapat mencairkan es salju.

http://jemiandala.blogspot.com/2011_05_29_archive.html
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 18
Enita Merry WY XII IPA3/31 :: 22-07-2011 23:26:29
Pengaplikasian Sifat Koligatif Dalam Dunia Medis

Pengaplikasisan tekanan osmotik dalam bidang kesehatan, yaitu tekanan osmosis dalam cairan infus.
Jika seseorang memerlukan nutrisi dari injeksi cairan infus, maka tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik). Cairan Isotonik adalah cairan infuse yang osmolaritas (tingkat kepekatan) cairannya mendekati serum (bagian cair dari komponen darah), sehingga terus berada di dalam pembuluh darah. Bermanfaat pada pasien yang mengalami hipovolemi (kekurangan cairan tubuh, sehingga tekanan darah terus menurun). Memiliki risiko terjadinya overload (kelebihan cairan), khususnya pada penyakit gagal jantung kongestif dan hipertensi.

Jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut. Cairan hipertonik adalah cairan infus yang osmolaritasnya lebih tinggi dibandingkan serum, sehingga “menarik” cairan dan elektrolit dari jaringan dan sel ke dalam pembuluh darah. Mampu menstabilkan tekanan darah.

Jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik), maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah. Cairan hipotonik adalah cairan infuse yang osmolaritasnya lebih rendah dibandingkan serum (konsentrasi ion Na+ lebih rendah dibandingkan serum), sehingga larut dalam serum, dan menurunkan osmolaritas serum. Maka cairan “ditarik” dari dalam pembuluh darah keluar ke jaringan sekitarnya (prinsip cairan berpindah dari osmolaritas rendah ke osmolaritas tinggi), sampai akhirnya mengisi sel-sel yang dituju. Digunakan pada keadaan sel “mengalami” dehidrasi, misalnya pada pasien cuci darah (dialisis) dalam terapi diuretik.

Kesimpulan sifat koligatif tekanan osmotik sangat berguna bagi bidang medis.

sumber:http://onetricks.blogspot.com/2010/08/pengaplikasian-sifat-koligatif-dalam.html
:: Reply ::

Good work, thx dear.

No Komen : 17
Aditya Aulia Rachman XII A3 /01 :: 22-07-2011 22:35:21
Judul:Membuat Campuran Pendingin
Intisari:
Cairan pendingin adalah larutan berair yang memiliki titik beku jauh di bawah 0 derajat Celcius. Cairan pendingin digunakan pada -pabrik Es, juga digunakan untuk membuat es putar.Cairan pendingin dibuat dengan melarutkan berbagai jenis garam ke dalam air.

Pada pembuatan Es Putar, Cairan pendingan dibuat dengan mencampurkan garam dapur dengan kepingan Es batu dalam sebuah bejana berlapis kayu, Oada pencampuran itu, es batu akan mencair sementara suhu turun . Selanjutnya, campuran bahan pembuat es putar dimasukan ke dalam cairan pendingin, sambil terus-menerusdiaduk sehingga campuran membeku.
Saran:
Pembuatan es putar menggunakan sifat koligatif .dengan mencampurkan cairan pendingin dengan tambahan larutan garam . peranan garam menurunkan titik beku es.
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 16
Lita Yuditia Afria Prahasti XII IPA 5 (20) :: 22-07-2011 22:09:02
Judul : Pengaplikasian Sifat Koligatif dalam Bidang Kesehatan (Tekanan Osmotik dalam Cairan Infus )

Intisari :
Sebelum nutrisi diinjeksikan ke dalam sel darah melalui saluran infus, tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah. Keadaan tekanan yang sama tersebut bersifat isotonik. Apabila tekanan osmotik dalam sel darah merah lebih besar dari pada tekanan cairan infus akan menyebabkan berkurangnya air dalam sel darah merah. Sebaliknya, jika tekanan sel darah merah lebih kecil dari tekanan cairan infus menyebabkan sel darah merah pecah karena terlalu banyak menyerap air.

Kesimpulannya, penggunaan saluran infus harus diperhatikan kesesuaian antara tekanan sel dalam merah dan tekanan dalam cairan infus, karena apabila tidak sesuai akan berakibat hal yang fatal bagi kondisi tubuh kita.
Dapat kita simpulkan bahwa sifat koligatif tekanan osmotik berguna bagi bidang medis.

~Terima kasih~
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 15
Eko Praptono XII -IPA 5 :: 22-07-2011 21:44:14
aplikasi dalam bidang kesehatan, yaitu tekanan osmosis dalam cairan infus. jika seseorang memerlukan nutrisi dari injeksi cairan infus, maka tekanan osmotik cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah (isotonik/isoosmotik).jika tekanan dalam sel darah merah > tekanan cairan infus (hipertonik), maka air dalam sel darah merah akan keluar, sehingga sel akan mengkerut.

jika tekanan dalam sel darah merah < tekanan cairan infus (hipotonik),
maka sel darah merah akan menyerap air sehingga dinding sel akan mengembang dan pecah.
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090913072759AASg4lm
:: Reply ::

Well done, Thx. dear.

No Komen : 14
desy novita hariyanto XII-ia3 (10) :: 22-07-2011 21:00:57
Judul : Fungsi Larutan Penyangga dalam darah.
Intisari :
Penyangga karbonat berasal dari campuran asam karbonat (H2 CO3 ) dengan basa
konjugasi bikarbonat (HCO3 ).
H2 CO 3 (aq) --> HCO3 (a q) + H+(a q)
Penyangga karbonat sangat berperan penting dalam mengontrol pH darah. Pelari maraton dapat mengalami kondisiasi dosis, yaitu penurunan pH darah yang disebabkan oleh metabolisme yang tinggi sehingga meningkatkan produksi ion bikarbonat. Kondisi asidosis ini dapat mengakibatkan penyakit jantung, ginjal, diabetes miletus (penyakit gula) dan diare. Orang yang mendaki gunung tanpa oksigen tambahan dapat menderitaal kal osis, yaitu peningkatan pH darah. Kadar oksigen yang sedikit di gunung dapat membuat para pendaki bernafas lebih cepat, sehingga gas karbondioksida yang dilepas terlalu banyak, padahal CO2 dapat larut dalam air menghasilkan H2 CO3. Hal ini mengakibatkan pH darah akan naik. Kondisi alkalosis dapat mengakibatkanhi perventilasi (bernafas terlalu berlebihan, kadang-kadang karena cemas dan histeris).

http://yahoo.com
Kesimpulan :
Larutan penyangga/buffer diperlukan tubuh untuk menyeimbangkan PH darah manusia, jika PH kelebihan bisa asidosis, tapi kalo PH kerendahan bisa alkolisis.
:: Reply ::

Well done, thx. sayang. Tingkatkan terus nalarmu, biasakan menganalisis dan membuat kesimpulan.

No Komen : 13
desy novita hariyanto :: 22-07-2011 20:57:43
Judul : Fungsi Larutan Penyangga dalam darah.
Intisari :
Penyangga karbonat berasal dari campuran asam karbonat (H2 CO3 ) dengan basa konjugasi bikarbonat (HCO3 ).
H2 CO 3 (aq) --> HCO3 (a q) + H+(a q)
Penyangga karbonat sangat berperan penting dalam mengontrol pH darah. Pelari maraton dapat mengalami kondisiasi dosis, yaitu penurunan pH darah yang disebabkan oleh metabolisme yang tinggi sehingga meningkatkan produksi ion bikarbonat. Kondisi asidosis ini dapat mengakibatkan penyakit jantung, ginjal, diabetes miletus (penyakit gula) dan diare. Orang yang mendaki gunung tanpa oksigen tambahan dapat menderitaal kal osis, yaitu peningkatan pH darah. Kadar oksigen yang sedikit di gunung dapat membuat para pendaki bernafas lebih cepat, sehingga gas karbondioksida yang dilepas terlalu banyak, padahal CO2 dapat larut dalam air menghasilkan H2 CO3. Hal ini mengakibatkan pH darah akan naik. Kondisi alkalosis dapat mengakibatkanhi perventilasi (bernafas terlalu berlebihan, kadang-kadang karena cemas dan histeris).
Kesimpulan :
Larutan penyangga/buffer diperlukan tubuh untuk menyeimbangkan PH darah manusia, jika PH kelebihan bisa asidosis, tapi kalo PH kerendahan bisa alkolisis.
:: Reply ::

Sifat koligatif? Sesuaikah artikel di atas? Pelajari lagi.

No Komen : 12
Ratna Sulistya N XII-A3 :: 22-07-2011 20:32:22
judul:pencairan es batu dengan garam.

intisari:
Sifat koligatif larutan berguna terhadap proses mencairnya es batu. Garam memang dapat mencairkan es karena saat garam diletakkan di atas es maka akan terbentuk larutan garam di atasnya. Saat tebentuk larutan garam ini, maka terbentuklah sifat koligatif larutan dimana larutan akan mengalami penurunan titik beku akibat pengaruh interaksi molekul pelarut (air) dan terlarut (garam). Sehingga, suhu es yang berkisar 0 0C ini akan mencair.

kesimpulan:
meskipun tanpa adanya cahaya matahari, kita dapat mencairkan es batu dengan cara meletakkan garam diatasnya karena dengan penurunan titik beku air dengan cara menaburkan garam pada es,Maka es pun akan mencair pada suhu kurang dari 0 derajat Celsius.
:: Reply ::

Well done, Thx. dear.

No Komen : 11
Fina Dwi Cahyani XII IPA 5 No.abs: 15 :: 22-07-2011 20:30:13
Di daerah lembab dan berair, banyak terdapat hewan lunak penghisap darah, contohnya Lintah.
Lintah suka menempel di kulit dan akan menghisap darah. Lintah apabila menempel di kulit akan sulit untuk melepaskannya. Bagaimana caranya agar lintah mudaah terlepas dari kulit?

Caranya sangat mudah, ambillah garam dapur dah bubuhkan pada semua permukaan lintah. Beberapa saat kemudian, lintah akan terlepas dan mati. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Peristiwa tersebut, berhubungan dengan sifat koligatif, yaitu tekanan osmosis.

Kesimpulan :
Lintah banyak mengandung cairan yang konsentrasinya rendah. Garam yang dibubuhi pada permukaan lintah memiliki konsentrasi tinggi. Cairan pada tubuh lintah akan berpindah ke luar melalui kulit sehingga lintah menjadi kering dan mati, akibat kekurangan cairan.
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 10
Fina Dwi Cahyani XII IPA 5 No.abs: 15 :: 22-07-2011 20:29:57
Di daerah lembab dan berair, banyak terdapat hewan lunak penghisap darah, contohnya Lintah.
Lintah suka menempel di kulit dan akan menghisap darah. Lintah apabila menempel di kulit akan sulit untuk melepaskannya. Bagaimana caranya agar lintah mudaah terlepas dari kulit?

Caranya sangat mudah, ambillah garam dapur dah bubuhkan pada semua permukaan lintah. Beberapa saat kemudian, lintah akan terlepas dan mati. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Peristiwa tersebut, berhubungan dengan sifat koligatif, yaitu tekanan osmosis.

Kesimpulan :
Lintah banyak mengandung cairan yang konsentrasinya rendah. Garam yang dibubuhi pada permukaan lintah memiliki konsentrasi tinggi. Cairan pada tubuh lintah akan berpindah ke luar melalui kulit sehingga lintah menjadi kering dan mati, akibat kekurangan cairan.
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 9
Ratna Sulistya N XII-A3 :: 22-07-2011 20:28:20
sifat koligatif larutan berguna terhadap proses mencairnya es batu. Garam memang dapat mencairkan es karena saat garam diletakkan di atas es maka akan terbentuk larutan garam di atasnya. Saat tebentuk larutan garam ini, maka terbentuklah sifat koligatif larutan dimana larutan akan mengalami penurunan titik beku akibat pengaruh interaksi molekul pelarut (air) dan terlarut (garam). Sehingga, suhu es yang berkisar 0 0C ini akan mencair.

kesimpulan:
meskipun tanpa adanya cahaya matahari, kita dapat mencairkan es batu dengan cara meletakkan garam diatasnya karena dengan penurunan titik beku air dengan cara menaburkan garam pada es,Maka es pun akan mencair pada suhu kurang dari 0 derajat Celsius.
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 8
Fina Dwi Cahyani XII IPA 5 No.abs :15 :: 22-07-2011 20:09:44
Intisari :
Antibeku adalah zat yang ditambahkan ke dalam suatu cairan untuk menurunkan titik bekunya. antibeku mencegah pembekuan cairan yang digunakan sebagai pendingin, misalnya dalam pesawat terbang dan kendaraan bermotor. Zat antibeku yang ideal adalah zat yang dapat larut dalam cairan pendinginnya sendiri, mempunyai viskositas dan konduktivitas listrik yang rendah, titik didih tinggi, tidak korosif, dan mempunyai daya hantar panas yang baik. Antibeku yang banyak digunakan dalam kendaraan bermotor berupa etilenglikol. Selain menurunkan titik beku , antibeku juga menaikkan titik didih, sehingga mengurangi penguapan.

Kesimpulan :
Antibeku sangat berguna untuk kendaraan bermesin manfaat antibeku adalah untuk mengurangi penguapan
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 7
Romana Dwi Octavia (23) XII-IA3 :: 22-07-2011 20:05:04
Judul : penerapan sifat koligatif pada Zat Anti Beku ( dalam bahan bakar pesawat )

Intisari :
Anti beku adalah zat yang ditambahkan ke dalam suatu cairan untuk menurunkan titik bekunya. Misalnya, pesawat saat terbang (ataupun saat engine hidup) terjadi pembakaran bahan bakar.Temperatur bahan bakar naik diatas titik beku sehingga bahan bakar terus mengalami pemanasan secara konstan yang mengakibatkan temperatur terjaga selalu diatas titik beku-nya. Untuk kondisi sangat ekstrim (seperti di kutub), bahan bakar pesawat memungkinkan untuk beku. Untuk mencegah terjadinya pembekuan saat pesawat yang mendarat di daerah kutub, engine tetap dihidupkan waalupun pesawat dalam keadaan diam. Ini untuk mencegah pembekuan bahan bakar maupun oli pada sistem hidrolik bahan bakar. Biasanya untuk di daerah kutub, pesawat hanya diizinkan mendarat dalam waktu singkat.

Saran :
Penurunan titik beku pada bahan bakar berfungsi agar bahan bakar tidak membeku pada kondisi dingin. Selain menurunkan titik beku, anti beku juga menaikkan titik didih sehingga mengurangi penguapan. Fungsi engine disini sebagai pemanas lazimnya kita menghangatkan diri di depan perapian bila menghadapi musim dingin.

sumber :
http://id.answers.yahoo.com
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 6
Bernadetta Primasari Ayu Paramitha :: 22-07-2011 19:41:40
Membuat Campuran Pendingin

Intisari :

Cairan pendingin digunakan pada -pabrik Es, juga digunakan untuk membuat es putar. Cairan pendingin dibuat dengan melarutkan berbagai jenis garam ke dalam air.
Pada pembuatan Es Putar, Cairan pendingan dibuat dengan mencampurkan garam dapur dengan kepingan Es batu dalam sebuah bejana berlapis kayu, Oada pencampuran itu, es batu akan mencair sementara suhu turun . Selanjutnya, campuran bahan pembuat es putar dimasukan ke dalam cairan pendingin, sambil terus-menerusdiaduk sehingga campuran membeku.
selain itu sifat koligatif larutan dalam kehidupan seharihari dapat digunakan untuk : Pencegahan pembekuan air radiator mobil pada saat musim dingin di daerah Eropa, Pembuatan es krim,Sistem infus, dan Pencairan salju yang menghalangi jalan pada musim salju.

kesimpulan :

Cairan pendingin yaitu larutan berair yang memiliki titik beku jauh di bawah 0 derajat Celcius.

Misalnya dalam pembuatan es putar yaitu dengan melarutkan berbagai jenis garam ke dalam air.
:: Reply ::

Apa artinya, "Larutan berair?"


Keep learning, Good work, thx dear.

No Komen : 5
Fina Putri D :: 22-07-2011 19:18:43
INTISARI:
Pada dasarnya, senyawa paling berbahaya dalam rokok ialah karbon monoksida (CO). Zat ini sebagai pemicu kanker, sebab konsentrasinya yang sangat tinggi dan pekat (+20.000 ppm) bila berikatan dengan Hemoglobin darah (Hb). Dan akan menjadi COHb. daya afinitas CO sangat tinggi terhadap Hemoglobin, yakni 200 kali lebih tinggi ketimbang daya afinitas Oksigen terhadap Hb. Efek lain yakni zat tersebut menyumbat pembuluh darah. Hal tersebut karena Hb yang berikatan dengan CO makin lama viskositasnya makin tinggi. selanjutnya terjadi penggumpalan dan pengerasan hingga terjadi penyumbatan.
SARAN:
Konsentrasi CO sangat tinggi dibanding konsentrasi Hb darah. Apabila darah terus berikatan dengan CO, selanjutnya akan terjadi penyumbatan pembuluh darah. Tak hanya itu, perokok seharusnya mengetahui dampak paling buruk akibat merokok, yaitu kanker pernafasan, gangguan kehamilan dan janin, serta penyakit mematikan lainnya. Oleh sebab itu, demi menyelamatkan banyak jiwa dan peduli akan betapa pentingnya kesehatan, lebih baik kita hidup sehat dan "KATAKAN TIDAK pada ROKOK dan SELAMATKAN GENERASI BANGSA"!!!

~Sekian, Terima Kasih"~
:: Reply ::

Well done, thx dear

No Komen : 4
AFFAN HIDAYAT XII-IA5 (02) :: 22-07-2011 19:11:52
Judul : Pembekuan es pada pembekuan ikan (frozen fish)

Intisari :
Sifat koligatif larutan berguna terhadap proses untuk pembekuan es pada pembekuan ikan atau yang dikenal dengan frozen fish dengan cara menaburkan garam. Dengan menaburkan garam, maka ikan yang diselimuti oleh es tidak cepat mencair. Karena larutan garam mempunyai titik beku yang lebih rendah dari 0°C, es akan turun suhunya sampai titik beku air garam tercapai. Dengan kata lain, ikan yang dikelilingi es dengan larutan garam yang temperaturnya lebih rendah dari 0°C sehingga ikan yang dikelilingi es tersebut tidak akan cepat mencair. Hal ini dikarenakan sifat koligatif penurunan titik beku. Penurunan titik beku larutan mendiskripsikan bahwa titik beku suatu pelarut murni akan mengalami penurunan jika kita menambahkan zat terlarut didalamnya.

Saran :
Peranan sifat koligatif larutan dapat membantu dalam pembekuan es yaitu pada pembekuan ikan agar es tersebut tidak cepat mencair jika bersentuhan langsung dengan udara luar.
:: Reply ::

Well done. thx dear

No Komen : 3
Anggita Tyas R (03) XII IPA 3 :: 22-07-2011 17:54:14
intisari:
dinegara-negara yang berada di kawasan bersalju sangat membutuhkan sekali alat pembersih salju dan waktunyapun cukup lama untuk membersihkan satu komplek saja.karena jarang sekali setiap rumah dikawasan bersalju mempunyai alat pembersih sendiri jadi mereka menunggu mobil pembersih jalan untuk terhindar dari segumpalan salju.maka dengan cara menaburkan garam pada jalanan sekitar rumah mereka,maka salju tersebut dapat meleleh hal ini karena Teorinya, larutan mempunyai titik beku yang lebih rendah dan titik didih yang lebih tinggi dibandingkan air murni. Dengan penambahan garam, sama saja kita membuat larutan garam dari air murni tersebut

intinya:
tanpa menunggu cahaya matahari, menaburkan garam disegumpalan salju akan mencairkan salju itu karena dengan menurunkan titik beku air dengan cara menaburkan garam pada jalanan atau es,Maka es pun akan mencair pada suhu kurang dari 0 derajat Celsius
:: Reply ::

Well done, thx dear.

No Komen : 2
Atina Ilma XII IPA 3 :: 22-07-2011 17:05:19
Intisari:
Sifat koligatif larutan berguna terhadap proses pembuatan es krim yang biasa kita makan. Awalnya, suhu es akan kurang dari 0°C. Namun, permukaan es yang berkontak langsung dengan udara akan segera naik suhunya mencapai 0°C dan sebagiannya akan mencair. Suhu campuran es dan air tadi akan tetap 0°C selama esnya belum semuanya mencair. Hal ini dikarenakan sifat koligatif penurunan titik beku.

Kesimpulan:
Besarnya peranan SKL bisa diterapkan dalam pembuatan es krim dgn menjaga suhunya agar tetap stabil. SKL juga menjaga agar es krim yang dimasukkan ke dalam freezer tidak membeku dan mencegah es krim cepat meleleh begitu tersentuh dg udara luar.
:: Reply ::

Well done, thx dear

No Komen : 1
Andryani Lusiana Dewi XII IPA 3 Absensi 02 :: 22-07-2011 15:44:53
Judul : Membuat Cairan Fisiologi
Intisari :
Sifat koligatif digunakan dalam pembuatan cairan infus untuk seseorang yang sakit. cairan infus harus memiliki tekanan osmotik yang sama dengan tekanan osmotik sel darah merah manusia (bersifat isotonik)agar cairan infus dapat diterima oleh tubuh. Apabila cairan tidak bersifat isotonik, tubuh tidak dapat dimasuki oleh cairan infus dan sel darah merah akan akan mengkerut atau justru keluar dari tubuh.
saran :
Pembuatan cairan infus menggunakan sifat koligatif sangat bermanfaat karena dapat memasukkan cairan infus dalam tubuh seseorang yang sakit hingga ia dapat sehat kembali.
:: Reply ::

well done, thx dear.

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]